Ekspor Lada Langsung dari Kaltara ke Vietnam dan Tiongkok

Monday, December 21, 2020 | 09:10

Bagikan:

SINERGI : Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie bersama Mentan Syahrul Yasin Limpo usai penandatanganan MoU program Pertanian Keluarga di sela-sela puncak peringatan Hari Pangan Sedunia di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, tahun lalu.

 

TANJUNG SELOR – KORANDIGITALNET.COM - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Dr H Irianto Lambrie mengabarkan bahwa Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo rencananya berkunjung ke Kalimantan Utara (Kaltara) pada Sabtu (19/12).


Ke Kaltara, diperkirakan Mentan melalui Bandara Juwata Tarakan. Disana Mentan akan mengikuti prosesi penyambutan, dan melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Selor menggunakan speedboat. Di Tanjung Selor, Mentan bakal disambut dengan penaburan tepung tawar dan tarian daerah. Namun ini masih bersifat tentatif.


Untuk itu, Gubernur meminta agenda kunjungan Mentan dipersiapkan secara matang. “Kedatangan beliau tentu akan berefek, utamanya investasi dan pengembangan pertanian di Kaltara,” kata Irianto, Kamis (17/12).


Ada dua lokasi alternatif yang akan dikunjungi Mentan di Bulungan pada 20 Desember. Masing-masing SP3 Desa Tanjung Buka dan Lubuk Manis, Kecamatan Tanjung Palas Tengah. Lokasi-lokasi tersebut masih masuk dalam klaster food estate.


Disebutkan Gubernur, belum dapat dipastikan lokasi mana yang akan dikunjungi Mentan. Namun rencananya, di titik kunjungan, Mentan akan melakukan peluncuran GraTieks atau Gerakan Tiga Kali Ekspor secara perdana dengan komoditas lada tujuan Vietnam dan Tiongkok. “Selain itu, Pak Menteri akan melakukan penanaman padi, panen ikan, rancangan IP 400, dan berbincang-bincang dengan petani setempat,” ulas Irianto.


Hingga berita ini diturunkan, rapat persiapan kunjungan Mentan masih berlangsung.(humas / yn)

Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM