Lewat Program ADIK, 245 Putra-Putri Kaltara Tempuh Pendidikan Tinggi Gratis

Friday, November 13, 2020 | 17:17

Bagikan:

TANJUNG SELOR - KORANDIGITALNET.COM -  Sebagai bentuk perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara di bawah kepemimpinan H Irianto Lambrie terhadap pendidikan, selain memberikan insentif guru, serta beasiswa kepada para putra-putri Kaltara, Pemprov juga memfasilitasi agar para lulusan SLTA dari Kaltara mendapatkan beasiswa penuh untuk menempuh pendidikan tinggi melalui progran Afirmasi. 


Hal ini merupakan bukti komitmen Gubernur H Irianto Lambrie untuk terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM),  khususnya generasi muda agar dapat mempunyai daya saing, kompetensi, profesionalime. Sehingga pada akhirnya mampu membangun Kaltara.


Sesuai data di Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Disdikbud) Kaltara, sejak dari 2014 hingga 2018 sebanyak 245 orang siswa asal Kaltara difasilitasi Pemprov Kaltara untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang perguruan tinggi secara gratis melalui program ADIK (afirmasi pendidikan tinggi) yang diselanggarakan oleh Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Fasilitasi yang dilakukan Pemprov Kaltara, meliputi pengajuan kuota program ADIK hingga pembiayaan akomodasi dan transportasi bagi yang lolos seleksi mengikuti program ADIK.


Secara rinci, diungkapkan Plt Kepala Disdikbud Kaltara, Firmannanur, pada 2014 sebanyak 30 siswa asal Kaltara lolos seleksi ADIK melalui fasilitasi Pemprov Kaltara. Lalu, 2015 lolos 28 orang, 2016 lolos 40 orang, 2017 lolos 100 orang dan Pemprov terlibat dalam proses seleksinya. Selanjutnya, pada 2018 47 orang khusus siswa yang berada di wilayah 3T di Nunukan dan Malinau difasilitasi masuk ADIK.


Melalui program ADIK ini, bagi mahasiswa yang lolos ditanggung biaya pendidikannya oleh pemerintah hingga selesai.


Untuk diketahui, berbagai program dilakukan Pemprov Kaltara di bawah kepemimpinan H Irianto Lambrie selaku gubernur dalam upaya meningkatkan kualitas SDM. Di antaranya ada beasiswa Kaltara Cerdas, di mana ribuan mahasiswa Kaltara dibantu biaya pendidikannya setiap tahun. Kemudian ada pemberian insentif kepada semua guru di semua jenjang pendidikan se Kaltara. Juga ada program kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi, serta program lainnya yang telah dilakukan. (y)

Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM