Wakil Kaltara Terbaik 2 Nusantara Sehat Challenges

Friday, June 26, 2020 | 07:18

Bagikan:
INOVASI : Yahya saat mengajak seluruh pekerja informal rumput laut untuk menerapkan protokol kesehatan.

TANJUNG SELOR - KORANDIGITALNET.COM - Wakil Kalimantan Utara (Kaltara) pada event gelaran Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Tenaga Kesehatan dan Nusantara Sehat Challenges 2020 berhasil menjadi peserta terbaik ke-2. Adalah, Yahya, Amd., Kep yang berhasil mencapai prestasi di ajang yang digelar secara virtual pada 23 Mei hingga 20 Juni tersebut.

Yahya adalah tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas di Kecamatan Sebatik, Nunukan ini menjadi terbaik ke-2 setelah wakil dari Kecamatan Tegalombo, Pacitan, Jawa Timur di posisi pertama. Atas capaian tersebut, Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie pun memberikan apresiasi. Selamat dan apresiasi kepada saudara Yahya. 

Alhamdulillah, wakil dari Kaltara termasuk salah satu yang terbaik. Semoga raihan ini dapat menginspirasi warga Kaltara lainnya untuk mengukir prestasi, sekaligus memberikan manfaat bagi masyarakat, kata Gubernur yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara Usman, baru-baru ini.

Disebutkan Irianto, dari informasi Kepala Dinkes Kaltara, setiap peserta event ini diminta untuk melakukan inovasi yang diharapkan mampu mengajak dan berdampak langsung bagi masyarakat. Dalam artian, melakukan kegiatan yang sifatnya mengajak masyarakat untuk tetap beraktivitas fisik, menjaga kesehatan baik di rumah maupun di tempat kerja selama pendemi Covid-19.

“Saudara Yahya ini melakukan inovasinya di tempat kerja informal rumput laut di Nunukan. Ia mengajak seluruh pekerja informal rumput laut yang sedang berkumpul untuk tetap menjaga jarak, menjaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan seperti selalu menggunakan masker serta mengajak beraktivitas fisik dengan melakukan senam peregangan bersama para pekerja disana,” timpal kepala Dinkes Kaltara Usman.

Inovasi yang dilakukan tersebut harus didokumentasikan kedalam foto dan video. Lalu dilakukan secara rutin selama 4 pekan secara daring kepada panitia.  Inovasi lainnya adalah membuat Media KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi), lalu menyampaikan infomrasi gerakan masyarakat sehat dengan beraktivitas fisik atau berolahraga di depan Tugu Perbatasan Garuda Perkasa (perbatasan Indonesia-Malaysia),” ungkapnya.

Sebagai informasi, selain berprofesi sebagai perawat, Yahya juga diketahui memiliki tugas tambahan lainnya. Yakni sebagai pelaksana program kesehatan kerja dan olahraga, pelaksana kesehatan usia sekolah dan remaja, serta penanggung jawab UKM Puskesmas Sei Tawan. Pada 2019, Yahya juga pernah menjadi salah satu wakil Kaltara ke ajang nasional pada ajang penghargaan tenaga kesehatan teladan tingkat nasional.(humas/YL)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM