Gubernur Kaltara Kembali Kunjungi Hatcheri KPNK

Wednesday, May 20, 2020 | 09:35

Bagikan:
Nampak Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie memberikan pakan kepiting yang masih berbentuk Crablet di hatcheri KPNK.(19/5)


Tarakan - korandigitalnet.com - Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie, Selasa kemarin, (19/5/2020) kembali mengunjungi instalasi Hatcheri atau atau pembenihan kepiting yang di bangun oleh Koperasi Produsen Nelayan Kaltara (KPNK) terletak di Kelurahan Karang Anyar Pantai Kecamatan Tarakan Barat Kota Tarakan, Kunjungan orang nomor satu di Kaltara tersebut merupakan kedua kalinya ke koperasi yang di ketua H Edi Purwanto.

Turut hadir dalam kunjungan Gubernur Kaltara tersebut, Danrem 092 Maharajalila Kaltara Kol.Inf. Suratno, Kabinda Kaltara Brigjen TNI Purwito Hadi Whardono, Dandim 0907 Tarakan Kol.Inf. Eko Antoni Chandra Listyanto, Dansatrol Lantamal XIII Tarakan Kol.Inf (P) Desmon Hermono Kusumo , Kepala Dinas Kelautan Perikanan Kalimantan Utara, Syahrullah serta beberapa kepala OPD dilingkup Pemprov Kaltara.

Ketua Produsen Nelayan Kaltara H Edi Purwanto mengatakan, Dirinya sangat sangat kaget atas kedatangan Gubernur Kaltara, menurutnya, kunjungan tersebut secara tiba-tiba," Tadinya saya sempat kaget juga ketika di hubungi oleh orang dari DKP Kaltara, beliau mengatakan kalau pak gubernur akan berkunjung ke Hatcheri, karena, kunjungan pak Irianto ke tempat kami ini merupakan yang kedua kalinya, dan pas beliu tiba di hatcheri, ada indukan kepiting yang bertelur, sehingga beliu sempat juga memberikan pakan benih yang ada di tong pembenihan," Kata H Edi.

Saat ketua koperasi produsen nelayan Kaltara H Edi memberikan penjelasan kepada Gubernur dan Danrem 092 Kaltara tentang cara pembenihan dengan tehnik tertentu untuk menghasilkan bibit unggul.



"Sebagai ketua dari Koperasi Produsen Nelayan Kaltara tentunya sangat berterima kasih kepada bapak gubernur, yang menyempatkan berkunjung ke Hatcheri kami ini, beliu jalan kaki di bawah rintik hujan dan jalan sangat licin, tadi pak Irianto mengatakan, kalau selesai lebaran Idul Fitri ini , jembatan tersebut segera diperbaiki," Ungkap Ketua KPNK ini.

Hatcheri yang dikelola oleh KPNK merupakan hasil kerjasama dengan Balai Besar Perikanan Air Payau Jepara Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Universitas Borneo Tarakan, Hatcheri tersebut adalah pembenihan kepiting pertama di Kalimantan Utara, bahkan satu-satunya di Indonesia yang dibangun oleh swasta.

"Pak gubernur sangat mensupport kegiatan pembenihan benih kepiting ini KPNK ini, mulai awal di bangun sampai kami berhasil menetaskan benih perdana sekitar 1000 ekor lebih, tentunya hal ini bisa menumbuhkan semangat para pengusaha swasta untuk membangun Hatcheri baru di Kaltara, mengingat, kebutuhan crablet di Kalimantan Utara ini sangat tinggi, baik kepiting tambak maupun Soka," Jelas H Edi


H Edi juga berharap, akan banyak anak muda Kaltara yang ingin belajar tentang tata cara mengembangkan pembenihan kepiting ini,"Kalau ada anak muda Kaltara yang berkeinginan untuk belajar atau mengetahui tentang cara pembenihan kepiting, silahkan datang ke Hatcheri KPNK, kami siap berbagi pengalaman, sehingga Koperasi Produsen Nelayan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Kaltara, bayangkan saja kalau ada 10 hatcheri, tentu akan terpenuhi pangsa pasar kepiting, dimana kepiting ini adalah juga menjadi ekonomi andalan para petani tambak setelah udang dan ikan bandeng,"Jelas H Edi.

Seperti kita ketahui bersama bahwa, permintaan hasil laut terutama kepiting di kota Shanghai Cina dalam sehari berkisar 4000 koli, kurang lebih 100.000 Kg, yang dipasok dari berbagai negara Asia termasuk hasil perikanan Indonesia.

"Sebagai ketua KPNK, sekali lagi saya berterima kasih kepada bapak gubernur, Dimana selalu mendukung para nelayan, termasuk dukungan pengembangan pembenihan kepiting, semoga Pemprov Kaltara dalam hal ini DKP dapat terus memberikan support sehingga hatcheri KPNK ini dapat menghasilkan crablet unggul dan kami dapat membagikan benihnya kepada para petani tambak yang ada di Kalimantan Utara.(AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM