Bagikan Tips Meramu Jamu Herbal

Friday, May 29, 2020 | 10:04

Bagikan:
HARI LANJUT USIA : Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie saat membagikan bingkisan sarung kepada warga lansia yang dirawat di PSTW Marga Rahayu dalam rangka peringat HLUN 2020, Kamis (28/5).

TANJUNG SELOR - KORANDIGITALNET.COM - Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie memberi kejutan berupa kue ulang tahun dan pakaian kepada warga lansia yang menghuni Panti Sosial Tresna Werda (PSTW) Marga Rahayu di Jalan Kakaktua, Tanjung Selor, Kamis (28/5). 

Kejutan ini bertepatan dengan peringatan ke-24 tahun Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang jatuh pada Jumat (29/5) hari ini. Seluruh warga lansia tampak sumringah. Peringatan HLUN ini dilakukan dengan tetap mematuhi standar protokol pencegahan Covid-19. 

HLUN diperingati untuk memberikan penghargaan bagi kaum lansia sekaligus merefleksikan kepada kaum muda bahwasanya jika diberi umur panjang, maka akan memasuki jenjang lansia. Di banyak negara, kata Gubernur, banyak lansia yang tetap produktif. Kuncinya adalah menjaga kesehatan sejak muda.

“Masih cukup banyak orang telah berumur 80 tahun masih kuat berolahraga, bekerja. Meskipun memang kekuatan fisiknya sudah tidak seperti dahulu. Artinya usia tidak sealu berbanding lurus dengan kesehatan. Contoh almarhum bapak dan mertua saya meninggal usia 83 tahun. Sampai beliau meninggal, sebelumnya masih sehat-sehat,” ujarnya.

Gubernur mengatakan, perilaku hidup sehat dan bahagia serta selalu memanjatkan doa kepada Allah Yang Maha Kuasa adalah beberapa faktor yang bisa seseorang panjang umur. Untuk itu, ia berharap kaum muda memanfaatkan kondisi saat ini untuk mempersiapkan diri menghadapi masa tua. 

“Saya juga mengajak anak-anak muda menghargai dan membantu kaum lansia dalam semua kondisi. Mendahulukan kepentingan lansia di atas kepentingan kita menjadi bagian dari penghormatan. Contoh saat membantu menyeberang jalan, mendahulukan antrean untuk lansia, termasuk dalam hal pemberian makanan dan pengobatan,” ujarnya. 

PSTW Marga Rahayu adalah UPTD Dinas Sosial Pemprov Kaltara. PSTW ini dihuni 15 lansia laki-laki dan 17 perempuan. Setiap hari mereka diperiksa kondisi kesehatannya oleh Tim Dinas Kesehatan Provinsi. Adapula layanan Posyandu Lansia sebulan sekali bekerjasama Puskesmas Tanjung Selor. 

“Beliau-beliau ini sudah dirapid tes sekali. Saya minta Dinas Kesehatan untuk merapid lagi sampai 3 kali. Jika ada gejala, segera petugas laporkan ke Dinas Kesehatan untuk diambil sampel swab. Kita akan terus cepat merespon kondisi kesehatannya,” ujarnya. 

Di kesempatan tersebut, Gubernur juga membagikan tips sehat untuk meningkatkan imun tubuh seiring pandemi Covid-19. Gubernur menyarankan petugas PSTW membuat jamu herbal untuk dikonsumsi para lansia. 

“Rebus daun sirih, cengkeh kunyit, kayu manis, dan temulawak bersama-sama sampai mendidih. Kalau agak pahit, dikasih madu. Itu akan menambah kekebalan tubuh. Tidak berbahaya karena organik. Kalau diminum hangat, badan akan terasa segar, akan keluar keringat. Itu saya minum 3 kali sehari,” tutupnya.(humas/YL)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM