DPKP Kaltara Kembangkan Komoditas Bawang Lokal

Rabu, 15 Januari 2020 | 10:06

Bagikan:
KOMODITAS LOKAL : Kegiatan penanaman komoditas bawang lokal di salah satu wilayah pertanian di Kaltara.

TANJUNG SELOR - KORANDIGITALNET.COM - Guna menekan serangan komoditi bawang dari negara tetangga, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kaltara, mengembangkan komoditi bawang merah local. Hal ini sejalan dengan upaya Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian untuk mendorong lahirnya petani benih mandiri. 

“Program ini rencanannya akan ditargetkan sukses pada tahun 2020 melalui pengembangan Kawasan intensifikasi. Saat ini kelompok tani binaan DPKP Kaltara melakukan pengembangan bawang merah tahap II di Kabupaten Nunukan,” kata Kepala DPKP Kaltara, Andi Santiaji Panarangi, Senin (13/1). 

Sebelumnya, di bulan Oktober 2019 lalu, DPKP telah mengalokasi bantuan anggaran fasilitasi saprodi bawang merah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kepada kelompok tani di Kabupaten Bulungan dan Nunukan, sesuai dengan SK No 457/APBN-417674/DPKP-I/X/2019. Dalam SK tersebut disebutkan, penerima bantuan antara lain 6 kelompok tani di Kabupaten Bulungan dan 7 kelompok tani di Kabupaten Nunukan. “Sedangkan untuk daerah lainnya, sedang kami upayakan tahun ini,” jelasnya. 

Diakui Santiaji, untuk mengubah pola piker petani agar mau menanam komoditas hortikultura tidaklah mudah. “Butuh ketelatenan, keuletan dan modal biaya yang lebih. Namun kami yakinkan petani bahwa menanam bawang merah juga salah satu cara paling cepat untuk mendapat penghasilan lebih,” tuntasnya. (humas/YL)


Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM