Kemampuan Literasi Anak Kaltara Capai 87 Persen

Tuesday, December 10, 2019 | 14:10

Bagikan:
Manajer INOVASI Provinsi Kaltara Handoko

TANJUNG SELOR - KORANDIGITALNET.COM - Bekerjasama dengan program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) terbukti teguh dengan komitmennya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kaltara. Dengan INOVASI, kemampuan baca, tulis dan hitung (Calistung) anak-anak pendidikan dasar di provinsi termuda di Indonesia ini, diupayakan meningkat.

“Fokus programnya, adalah meningkatkan literasi dasar anak pada kelas awal tingkat SD (Sekolah Dasar). Dimana, kemampuan calistungnya ditingkatkan. Lantaran, calistung merupakan dasar bagi anak untuk memahami pelajaran lain,” kata Manajer INOVASI Provinsi Kaltara, Handoko yang ditemui belum lama ini.

Target INOVASI, secara teori, proses pemahaman calistung sudah selesai di kelas 3 SD. “Di Kaltara, INOVASI melaksanakan pilot project pada 7 SD di Kabupaten Bulungan dan 13 SD di Kabupaten Malinau (selengkapnya baca grafis). Didalam kegiatannya, INOVASI menjalankan 3 strategi program literasi kelas awal dari proyek pilot ini. Yakni pelatihan guru, peningkatan budaya baca, dan penanganan khusus bagi siswa yang lamban membaca,” ujarnya.

//GRAFIS\\

Dari pilot project itu, diketahui adanya peningkatan kemampuan literasi dasar pada anak kelas awal dari hanya sebesar 60 persen pada 2017 meningkat menjadi 87 persen di 2019. Tes literasi dasar berupa tes mengenal huruf, suku kata, dan kata kepada 144 siswa kelas dua SD pada 2017 yang dilanjutkan pada 2019 kepada siswa yang sama saat duduk di kelas 4 SD. “Dari capaian pilot project itu, INOVASI kemudian menyebarluaskan ke 184 sekolah di Kaltara,” ucapnya.

Lebih jauh, program literasi kelas awal di Kaltara menggunakan pendekatan menyeluruh (holistic). Artinya program menyentuh kompetensi guru, manajemen sekolah, KKG (Kelompok Kerja Guru) sebagai tempat berlatih dan belajar guru, dan komunitas, khususnya orangtua serta Dinas Pendidikan sebagai pihak yang mendukung peningkatan mutu literasi di sekolah.

Setelah dua tahun (sejak Desember 2017), program INOVASI di Kaltara akan berakhir Desember tahun ini. Bersama INOVASI, kemampuan calistung anak Kaltara pun meningkat. Dari itu, Pemprov Kaltara memperpanjang kerja sama dengan INOVASI selama 6 bulan kedepan. Atau untuk periode pertama, hingga Juni 2020. Sementara untuk periode kedua, menunggu kesepakatan pada Januari 2020.(humas/YL)

Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM