Lewat BUMDes, Pemprov Dorong Kemandirian Desa

Jumat, 01 November 2019 | 07:38

Bagikan:
Kepala DPMD Kaltara Wahyuni Nuzband 


TANJUNG SELOR - KORANDIGITALNET.COM - Pada tahun ini, sesuai data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), ada sebanyak 340 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jumlah ini, mencapai 50 persen dari jumlah desa se-Kaltara. Yakni, sebanyak 447 desa.

Kepala DPMD Kaltara, Wahyuni Nuzband menyebutkan, jumlah BUMDes ini meningkat pesat dibanding tahun sebelumnya, sebanyak 222 BUMDes. “BUMDes sebagai lembaga usaha desa yang dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa yang pengelolannya dilaksanakan oleh masyarakat dan Pemerintah Desa untuk upaya memperkuat perekonomian desa diharapkan dapat menjadi instrumen dalam mendorong kemandirian desa,” kata Wahyuni.

BUMDes sendiri, sudah sejak 2016 dan 2018 didorong pembentukannya oleh Pemprov Kaltara. Upaya yang dilakukan, salah satunya adalah menggelar sosialisasi dan pelatihan. “Dari 340 BUMDes yang ada, hanya 175 BUMDes aktif. Ini, lantaran baru pada 2019 dilakukan penekanan keaktifan BUMDes dan pengelolaan keuangan yang baik,” jelasnya.

Melihat pentingnya keberadaan BUMDes, Wahyuni pun berharap agar pihak swasta yang berada di sekitar desa untuk dapat membantu pengembangannya. Baik melalui pelatihan maupun keperluan lain yang dibutuhkan sebagai bentuk kepedulian di wilayah kerjanya.

Guna diketahui, pada 2016 terdapat 55 BUMDes di Kaltara, terus meningkat menjadi 122 BUMDes pada 2017. Selanjutnya, pada 2018 menjadi 222 BUMDes, dan 2019 telah berdiri 340 BUMDes. “Dengan keberadaan BUMDes ini, diharapkan kedepan desa di Kaltara mampu mandiri dan menghasilkan PAD, tanpa ada bantuan baik dari daerah maupun pusat,” tutupnya.(humas/YL)

Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM