Dorong Pengembangan Usaha Berbasis Potensi Desa

Rabu, 27 November 2019 | 11:00

Bagikan:
BIMTEK : Kegiatan bimtek pengolahan kelapa dalam tahun 2019 di Nunukan, belum lama ini.


SEBATIK - KORANDIGITALNET.COM - Bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kaltara menggelar kegiatan Bimtek Pengolahan Kelapa Dalam Tahun 2019 yang dilaksanakan di Kantor BUMDes Bersama Karang Unarang Desa Padaidi Kecamatan Sebatik Kabupaten Nunukan.

“Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari hibah bantuan alat pengolah kelapa terpadu yang diberikan oleh Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie pada 7 November lalu,” kata Kepala DPMD Kaltara, Wahyuni Nuzban Wahyuni menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai upaya meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia (SDM) masyarakat desa agar memajukan dan mengembangakan kegiatan perekonomian masyarakat desa. Serta menciptakan lapangan kerja di desa setara ketahanan ekonomi masyarakat desa yang berbasis sumber daya lokal yang ada di desa.

“Kita berupaya untuk mengatasi kesenjangan pembangunan antara kota dan desa yang akhirnya   mengarah   pada   peningkatan   kesejahteraan   dan   kualitas   hidup   masyarakat secara keseluruhan,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut ada beberapa materi yang dijelaskan seperti mengenai produk kelapa dalam dan turunannya. Kemudian proses pembuatan pirolisis pembuatan arang, praktek teknologi pembuatan minyak kelapa/VCO serta cara pembuatan sabun dari minyak kelapa dengan narasumber kegiatan dari PT Krambil Idjo Yogyakarta dan UMKM Evatar Yogyakarta.

“Kegiatan ini dihadiri sekitar 60 peserta yang terdiri dari perwakilan BUMDes dan TP PKK yang ada di wilayah Pulau Sebatik,” katanya.

Ia berharap dari kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pengurus peserta terkait upaya pengembangan usaha ekonomi desa berbasis potensi desa. Yang juga memahami langkah-langkah pengembangan usaha ekonomi yang ada di desa. 

“Dengan adanya pengembangan usaha ekonomi diharapkan kedepannya dapat meningkatkan kemitraan dengan swasta dan usaha mikro dan menengah di pedesaan,” tuntasnya. (humas/YL)

Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM