Guna Menumbuhkan Minat Wirausaha Pemula, 5 Pilar Menjadi Program Utama Disperidagkop UKM Kaltara

Kamis, 08 Agustus 2019 | 10:56

Bagikan:
DAK : Temu konsultasi pelaksanaan dana DAK, dalam peningkatan kapasitas koperasi dan UKM tahun 2019,Di Hotel Swiss Ball Kalibata Jakarta.



TANJUNG SELOR - KORANDIGITALNET.COM - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara melalui Dinas Perindagkop & UKM Prov Kaltara, telah melaksanakan pelatihan pelatihan dalam rangka mewujudkan penumbuhan Wirausaha Pemula (WP) sehingga lebih lanjut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Provinsi Kalimantan Utara.

Menurut Kadis Perindagkop & UKM Prov. Kaltara Drs. Hartono, M.Si, "Pelatihan pelatihan tersebut adalah merupakan realisasi keuangan APBN DAK Non Fisik Kemenkop RI terhitung bukan Juli 2019 sebesar 31,26% dari total anggaran, dimana prosentase ini dinilai wajar mengingat pencairan dana dari pusat bertahap setiap semesternya. Prosentase ini ditargetkan mencapai 100% pada akhir tahun anggaran 2019".

Kemenkop RI melalui dana DAK Non Fisik memfasilitasi PK2UKM dengan 5 pilar yakni Pelatihan Perkoperasian, Pelatihan, Kewirausahaan, Pelatihan Vocational, Peningkatan Kapasitas Pengawasan koperasi & UKM dan Pelatihan Berbasis IT.

Nampak para peserta temu konsultasi penggunaan dana DAK Anggaran Kemenkop RI tahun 2019.


Menurut Agus Widada, ST PPTK pengelola DAK Non Fisik Kemenkop RI, mengatakan "Kami berharap kegiatan ini rutin dilaksanakan dengan periodik per 3 bulan sebagai media monitoring dan pengawasan pelaksanaan DAK Non Fisik agar realisasi di daerah lebih bisa diselaraskan dengan kebijakan dan program pusat, sehingga apa yang diprogramkan Disperindagkop Ukm Kaltara bekerjasama dengan Kemenkop RI dapat terealisasi ke masyarakat melalui program pelatihan baik itu koperasi maupun UMKM, selain itu juga kami melaksanakan pelatihan pelatihan sesuai dengan apa yang Kepala Dinas dan Kabid Koperasi & UKM telah arahkan dalam rapat pemantapan pelaksanaan program".

Bapak Gubernur Kaltara Bapak Dr. H. Irianto Lambrie, juga telah beberapa kali mensupport dan membuka kegiatan pelatihan yang telah kami gelar, Ibu Gubernur Kaltara Hj. Rita Ratina Irianto, juga slalu mensupport kegiatan2 pelatihan kemasyarakat khususnya kerajian tangan melalui sinergitas program Disperindagkop & UKM Kaltara dengan program Dekranasda dan TP PKK Prov Kaltara", tambah Agus Widada, disela sela rapat Kemenkop RI di Hotel Swisbell Kalibata Jakarta. 

Rapat Kemenkop RI adalah Temu Konsultasi ini dilaksanakan dalam rangka monitoring progres pencapaian dan evaluasi dari pelaksanaan progres tersebut. Provinsi Kalimantan Utara mentargetkan DAK Non fisik ini mampu menumbuhkan WP sebanyak 720 WP di Tahun Anggaran 2019".(8/8/2019).(MF)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM