SIDARA CANTIK Segera Terbuka untuk Umum

Thursday, July 25, 2019 | 07:31

Bagikan:
Kepala Diskominfo Kaltara Syahrullah Mursalin.


TANJUNG SELOR - KORANDIGITALNET.COM - Ditargetkan pada awal Agustus nanti, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) akan membuka akses bagi masyarakat umum untuk memperoleh data statistik sektoral Kaltara. Data tersebut disajikan melalui aplikasi Sistem Informasi Data Statistik Sektoral (SIDARA). Demikian disampaikan kepala Diskominfo Kaltara Syahrullah Mursalin, baru-baru ini.

Dikatakan Syahrullah, untuk kemudahan akses bagi masyarakat selaku pengguna layanan, pihaknya tengah melakukan verifikasi data yang akan ditayangkan. “Untuk dibuka bagi umum, kami menunggu verifikasi data selesai dilakukan oleh tim pengelola data. Insya Allah dapat segera selesai,” ulas Syahrullah.

Secara utuh, aplikasi ini disebut dengan SIDARA CANTIK yang artinya, sistem informasi data statistik sektoral Provinsi Kaltara yang cepat, akurat, nirbiaya, transparan, informatif dan konkrit. “SIDARA merupakan sebuah sistem manajemen data dan informasi yang berbasis website sebagai upaya untuk menunjang proses pengumpulan dan penyimpanan data dalam bentuk database terstruktur yang mampu menyajikan data statistik secara berkala, berkualitas dan representatif,” kata Syahrullah.

SIDARA CANTIK dikelola secara online oleh Diskominfo, selaku wali data yang bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai pembina data serta 40 organisasi perangkat daerah (OPD) di Kaltara sebagai produsen data. “Jadi, publik atau masyarakat sebagai pengguna layanan hanya dapat melihat data tanpa berwenang untuk menginput data,” jelas Syahrullah.

Adapun data yang disajikan pada layanan ini, yakni data penyelenggaraan pemerintahan daerah, organisasi dan tata laksana pemerintahan daerah, keuangan daerah, potensi sumber daya daerah, produk hukum daerah, kependudukan, informasi dasar kewilayahan, dan informasi lain terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah. 

“Dengan adanya SIDARA CANTIK ini, diharapkan dapat menjadi solusi bagi kelancaran pengiriman data dan produksi administrasi OPD yang menjadi dasar data kompilasi sebagai data statistik sektoral Pemprov Kaltara,” ungkapnya. 

Harapan lainnya, adalah membangun gerbang utama aplikasi yang kelak secara bertahap mampu memberikan kemudahan bagi tiap OPD untuk menyampaikan data dan informasinya. Guna diketahui, aplikasi SIDARA sendiri, sejatinya sudah di-launching pada 28 Maret 2019.(humas/YL)

Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM