Pemprov Sudah Anggarkan Penyediaan Hewan Qurban

Rabu, 03 Juli 2019 | 08:14

Bagikan:
Headshot Kepala Biro Kesra Usdiansyah


TANJUNG SELOR - KORANDIGITALNET.COM - Seperti biasanya, pada Idul Qurban tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menyalurkan bantuan hewan qurban kepada setiap kabupaten dan ko5ta di Kaltara. Selain itu, secara pribadi, Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie juga bakal menyalurkan qurbannya. Demikian disampaikan Kepala Biro Kesra Setprov Kaltara Usdiansyah, baru-baru ini. 

Dikatakan Usdiansyah, anggaran penyaluran hewan qurban Pemprov Kaltara sudah disiapkan. “Tinggal menunggu instruksi Gubernur untuk jumlah dan penempatannya,” kata Usdiansyah.

Pemprov sendiri, biasanya menyalurkan 1 ekor sapi qurban ke tiap kabupaten dan kota di Kaltara. “Namun, kemungkinan akan ada penambahan hewan qurban yang disalurkan atas nama Pemprov Kaltara karena adanya penyesuaian anggaran. Untuk realisasinya, menunggu instruksi gubernur,” jelas Usdiansyah.

Hewan qurban yang disalurkan Pemprov Kaltara, dibeli dari peternak lokal. Tujuannya memberdayakan peternak lokal, juga memudahkan pemantauan kelayakan dan kesehatan hewan qurban. “Memang banyak tawaran pengadaan sapi dari luar daerah. Tapi, dengan pertimbangan pemberdayaan peternak lokal maka kami memilih membelinya dari peternak lokal,” tuturnya.

Tak hanya Pemprov Kaltara maupun Gubernur secara pribadi, penyaluran hewan qurban juga dilakukan pemerintah pusat. Banyaknya 1 ekor per provinsi. “Tahun ini, berdasarkan giliran penyaluran hewan qurban besar dari pemerintah pusat juga provinsi adalah KTT (Kabupaten Tana Tidung),” tutupnya.(humas/YL)

Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM