Baru Tangani 1 Cabor, PPLP Kaltara Terus Berbenah

Senin, 08 Juli 2019 | 11:20

Bagikan:
  Kepala Dispora Kaltara Haerumuddin


TANJUNG SELOR - KORANDIGITALNET.COM - Setelah 2 tahun berjalan, Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) tetap terus berbenah diri. Hingga kini, diakui oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kaltara Haerumuddin, PPLP dihuni oleh satu cabang olahraga (Cabor). Yaitu gulat.

Kegiatan terdekat, sebutnya, PPLP Kaltara akan melaksanakan standarisasi terhadap atlet. “Kami akan melakukan tes kepada atlet gulat yang kami bina. Jika kemampuan mereka di bawah standar Nasional akan kami ganti dengan atlet yang baru,” kata Haerumuddin. 

Hal ini, lanjutnya, dilakukan dalam rangka mengevaluasi hasil pendidikan dan pelatihan yang selama ini diberikan kepada para atlet di PPLP. “Untuk mengetahui, apakah mereka (atlet) mengalami peningkatan atau berjalan di tempat. Tentu dengan memperhatikan aspek lainnya juga,” lanjutnya. 

Haerumuddin mengatakan, sejauh ini atlet-atlet yang dibina melalui PPLP sudah cukup bagus. Beberapa kejuaraan yang diikuti menorehkan hasil yang tidak mengecewakan. Pada saat mengikuti kejuaraan nasional (Kejurnas) Gulat antar Pelajar 2018 misalnya. Tim gulat hasil binaan PPLP Kaltara berhasil menduduki peringkat ke-5 nasional. Hal ini menurutnya merupakan sebuah prestasi. Mengingat, atlet-atlet yang dikirim rata-rata merupakan atlet baru. 

Kejuaraan lainnya, dalam waktu dekat rencananya atlet gulat binaan PPLP akan berlaga pada kejurnas gulat yang akan dilaksanakan di Semarang, November mendatang. “Setiap atlet PPLP, diwajibkan ikut minimal 2 kali try out (uji coba) dan satu kali kejurnas. Tryout boleh ke event mana saja. Misalnya pertandingan gulat yang levelnya masih dibawah kejurnas,” jelasnya.

Haerumuddin berharap, ke depan Kaltara dapat memiliki PPLP daerah sendiri yang dibiayai oleh APBD maupun pihak lain di daerah. Sehingga standar dan pengaturannya lebih mudah. “Urusan olahraga tidak hanya dilakukan oleh pemerintah. Namun perusahaan juga dapat mengambil andil dalam meningkatkan dunia olahraga di daerah, khususnya di Kaltara. Salah satunya yang bisa dilakukan, ialah sistem bapak angkat. Di mana suatu perusahaan bertanggung jawab dalam membina satu cabor,” beber Haerumuddin.

“Kalau bisa pembinaannya dapat mencontoh PPLP. Yang pelatihannya dilakukan mulai dari  remaja hingga mencapai level professional,” pungkasnya.(humas/YL)

Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM