Kemenko Polhukam Lakukan Kunjungan Koordinasi ke Kaltara

Jumat, 14 Juni 2019 | 08:05

Bagikan:
AGENDA KERJA : Pejabat Kemenko Polhukam RI melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat Kaltara di Ruang Rapat Lt 1 Kantor Gubernur Kaltara, Kamis (13/6).


TANJUNG SELOR - KORANDIGITALNET.COM - Sejumlah pejabat dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Republik Indonesia (RI) melakukan kunjungan ke Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Salah satu tujuan dari kunjungan ini adalah untuk pemantapan wawasan kebangsaan dan bela negara di Provinsi Kaltara.

Bertempat di Ruang Rapat Lt 1 Kantor Gubernur Kaltara, Kamis (13/6), rombongan dari Kemenko Polhukam yang dipimpin Sekretaris Deputi VI Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam RI, Brigjen Pol Mamboyng melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat terkait di lingkup Pemprov Kaltara, Polda Kaltara dan juga para tokoh masyarakat Kaltara.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltara, Basiran mengungapkan, kunjungan tersebut bermaksud untuk koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kaltara. Tidak ketinggalan, Kesbangpol turut menghadirkan beberapa komponen yang ada di Kaltara dalam pertemuan tersebut.

Komponen yang dimaksud yaitu Polda Kaltara, Pengurus Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). “Ada juga perwakilan dari lembaga adat seperti Bulungan, Tidung dan Dayak,” kata Basiran.

Dilanjutkannya, kegiatan ini dilaksanakan untuk penguatan dengan menyatukan persepsi dan pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan bela negara. “Karena di era saat ini pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan bela negara perlu ditingkatkan untuk mempererat kebangsaan di Indonesia,” kata Basiran.

Diharapkan dengan adanya penguatan ini, segala ancaman yang ada di Indonesia dapat dihadapi. Ancaman yang dimaksud bukan hanya dari negara lain. “Acaman yang kita hadapi berupa gerakan ekstrimis, radikalisme, terorisme, hoaks, narkoba dan kejahatan siber,” ungkapnya.

Untuk itu, Basiran menyerukan pesan Presiden Joko Widodo, agar semua warga negara Indonesia khususnya di Kaltara terpanggil menjalankan tugas dan tanggung jawab kebangsaan untuk ikut serta bela negara. (humas/YL)

Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM