Rapat Koordinasi GEBUG DBD Jadi Langkah Antisipatif Di Kecamatan Sebatik Timur

Kamis, 21 Februari 2019 | 08:57

Bagikan:
Rapat koordinasi Gebug DBD dipimpin langsung Camat Sebatik Timur

NUNUKAN  - KORANDIGITALNET.COM - Maraknya gejala Demam Berdarah Dengue (DBD) juga melanda wilayah Nunukan. Pemerintah daerah segera mengambil langkah antisipatif setelah adanya temuan 7 kasus DBD di Sebatik Timur dan wilayah Nunukan lainnya. Salah satunya dengan mengadakan Rapat Koordinasi Gerakan Bersama untuk pengendalian dan penanggulangan Demam Berdarah Dengue (Gebug DBD), yang dilakukan Camat Sebatik Timur bersama tokoh muspika dan masyarakat setempat. (20/2)

Kegiatan yang didasari oleh Surat Bupati ini diikuti sekitar 40 orang. Tujuan rapat koordinasi Gebug DBD di Kecamatan Sebatik Timur adalah untuk menyusun langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam rangka Gebug DBD itu sendiri.

"Pencegahan yang utama adalah kebersihan lingkungan yang perlu dijaga adalah daerah-daerah yang lembab dan tergenang," ujar Kapolsek Sebatik Timur, AKP Susilo. Terkait hal ini, Babingsa Sungai Nyamuk yang mewakili Danramil Sebatik menyampaikan bahwa, "kami sebelumnya sudah melakukan pengendalian dan pencegahan DBD dengan kerja bakti membersihkan got dan gorong-gorong."

Peserta rapat koordinasi Gebug DBD di Kecamatan Sebatik

Kepala Puskesmas Sungai Nyamuk, dr. Dahrah menjelaskan penyakit yang disebabkan nyamuk aedes aegypti ini terbang dengan radius sampai 350 meter sehingga akan menyerang siapa saja dalam radius tersebut. "Perlu diwaspadai, meskipun rumah kita bersih tetapi lingkungan kita ada yang tidak bersih, maka yang tidak bersih tersebut dapat menimbulkan penyakit demam berdarah melalui nyamuk yang menyerang rumah yang bersih. Jadi perlu kepedulian semua warga untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya," terang dr. Dahrah.

Hasil dari rapat tersebut diantaranya setiap RT di Desa-Desa perlu membentuk kader Jumantik (Juru Pemantau Jentik), perlu digalakkan kerja bakti di lingkungan Desa dan sekolah-sekolah agar membentuk UKS (Unit Kesehatan Sekolah). Seluruh instansi di Kecamatan Sebatik Timur pun siap terlibat dalam setiap kegiatan kerja bakti, guna mengupayakan pengendalian dan penanggulangan demam berdarah. (RDJ/DK/YL)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia
Jangan Lupa Coblos No Urut 3 Dapil Tarakan Barat dari Partai Solidaritas Indonesia