Nenek 52 Tahun Ini Masih Kuat Jalan Santai 10 Putaran

Kamis, 10 Januari 2019 | 12:44

Bagikan:
PROLANIS : Nampak Suharti saat mengikuti senam Prolanis yang diselenggarakan setiap Minggu.



TARAKAN - KORANDIGITALNET.COM - Suharti, seorang peserta Prolanis yang setiap minggunya rutin mengikuti senam Prolanis sejak 2 tahun lalu yang diselenggarakan oleh sebuah puskesmas di Kota Tarakan. Wanita berusia 52 tahun ini masih kuat untuk berjalan kaki dari rumah sampai ke tempat dilaksanakannya senam. Suharti yang kesehariannya berjualan kue dan membuka catering masakan untuk pesta, menceritakan pengalamannya sejak menjadi peserta Prolanis.

“Dulu badan kaku, berat rasanya sebelum ikut senam. Apalagi, saya sudah pernah sakit hipertensi dan Jantung selama 10 tahun. Untung ada BPJS Kesehatan, lebih ringan, terasa sekali membantu. Setiap bulan saya dikasih obat, rutin minum obat. Terus tiap minggu senam, badan rasanya ringan, segar, mata terasa terang," tuturnya.

Suharti mengatakan tensi darahnya dulu mencapai 240 sehingga harus dirawat inap di rumah sakit sampai dengan 10 hari. Namun, sejak rutin mengikuti senam Prolanis, dirinya menyatakan tidak pernah dirawat lagi.
“Apalagi yang komplikasi seperti saya, mbak. Kalau gak dibantu senam Prolanis atau olahraga, terus  harus minum obat rutin, gimana nanti badan saya. Alhamdulillah, masih dikasih sehat, dikasih kuat, bahkan kalau pergi kemana-mana sendiri masih bisa. Kadang saya tambah lagi olahraganya, lari dan jalan santai di lapangan bandara sampai 10 putaran,” katanya semangat.

Berjualan menjadi penopang hidup Suharti dan keluarga. Suharti menceritakan kepada petugas, bahwa suaminya pernah mengalami kecelakaan sehingga tidak dapat bekerja lagi. Dan suhartiyang yang harus menjadi tulang punggung keluarga, dengan berjualan kue dan membuka usaha catering atau yang disebut oleh Suharti buka usaha masak.

“Kalau saya tidak sehat, bagaimana nanti anak saya myang kuliah. Maka dari itu, saya berusaha rutin olahraga, sebanyak apapun kerja harus disempatkan, setidaknya jalan kaki, atau lari-lari di bandara. Biar sudah tua, yang penting sehat. Bangun jam 2 pagi untuk membuat kue-kue yang akan dijajakannya tidak menjadi penghalang untuk terus bisa rutin berolahraga," tandasnya.

Jadi, masa kita yang muda kalah sama Suharti? Ayo, rutin berolahraga dan jaga pola hidup kita! Karena kesehatan itu mahal harganya ketika kita sakit, tapi murah harganya jika kita bisa menjaganya.(Kia)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia
Jangan Lupa Coblos No Urut 3 Dapil Tarakan Barat dari Partai Solidaritas Indonesia