Bupati Akan Launching Ekspor Rumput Laut, Ikan dan Kelapa Sawit Nunukan

Kamis, 31 Januari 2019 | 09:49

Bagikan:
RUMPUT LAUT : Pengiriman rumput laut di kabupaten Nunukan menggunakan kontainer yang rencananya akan di eksport menuju Busan Korea Selatan.



NUNUKAN - KORANDIGITALNET.COM -  Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid,  memimpin rapat persiapan rencana ekspor perdana rumput laut Nunukan ke Busan Korea Selatan.  Selain itu juga dibahas persiapan ekspor Ikan secara legal dari SKPT Sebatik serta persiapan ekspor Kelapa Sawit, Selasa (29/01/2019)

Khusus ekspor rumput laut yang besuk hari Kamis (31/1/2019) akan dilaunching, tujuan ekspornya adalah ke Busan Korea Selatan.  Eksportirnya adalah CV Amanah Keluarga Sejahtera Nunukan pimpinan Ir. Arif Kadir.  Rencana volume ekspor rumput laut kering sebanyak 3 kontainer ukuran 20 feet dengan isi 21 ton per kontainer atau total 63 ton.

Sebelum launching ini sebenarnya sudah dilakukan 3 kali "ujicoba" ekspor dengan tujuan yang sama yaitu Busan Korea Selatan.  Sedangkan volume tiap pengiriman sama yaitu 63 ton dengan total sebanyak 189 ton.  Meskipun eksportirnya masih menggunakan pihak ketiga, namun seluruh dokumen ekspornya sudah sesuai dengan aturan yang ada.

Nampak rumput laut di masukkan kedalam kontainer.



Beberapa dokumen ekspor sudah didukung sepenuhnya dari Nunukan, seperti :
1. NIB dan Perijinan ekspor secara online dari Dinas PMPTSP Kabupaten Nunukan.
2. SKA (Surat Keterangan Asal) dari Dinas Perdagangan Kabupaten Nunukan.
3. PC (Phytosanitery Certificate) dari Karantina Pertanian.
4. HC (Health Certificate) dari Karantina Ikan.
5. PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang) dari Kantor Bea Cukai.
6. Dokumen Angkutan Kapal dari PT. SPIL.
7. Dokumen Perusahaan Eksportir dari CV. Amanah Keluarga Sejahtera Nunukan.
8. Dan lainnya.

Potensi ekspor rumput laut Kabupaten Nunukan sangat prospektif. Produksi rumput laut kering (RLK) yang dicatat oleh Dinas Perikanan adalah 28.000 ton setiap tahunnya, atau sekitar 2.000 ton setiap bulan.  Jika ekspornya menggunakan kontainer 20 feet dengan volume RLK 21 ton per kontainer, maka setiap bulan bisa diekspor sekitar 100 kontainer per bulan.(Deka/YL)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia
Jangan Lupa Coblos No Urut 3 Dapil Tarakan Barat dari Partai Solidaritas Indonesia