7 Sekolah di Kaltara Raih Adiwiyata Nasional

Senin, 14 Januari 2019 | 15:19

Bagikan:
Humas Provinsi Kaltara
PRESTASI : Tujuh Kepala Sekolah di Kaltara foto bersama usai menerima Penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri 2018 di Jakarta belum lama ini.



TANJUNG SELOR - KORANDIGITALNET.COM -  Tujuh sekolah di Kalimantan Utara (Kaltara) kembali menorehkan prestasi. Kali ini melalui keberhasilannya meraih penghargaan nasional di bidang lingkungan hidup. Yaitu Penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri Tahun 2018 yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Auditorium Dr Ir Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat.

Ketujuh sekolah dimaksud, antar lain SDN 009 Tanjung Selor, SMPN 1 Bunyu, SDN 012 Tana Tidung, SDN 013 Tana Tidung, dan SDN 003, SDN 014, SDN 037 Kota Tarakan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltara Edy Suharto, selaku pembina sekolah Adiwiyata di provinsi ini, sangat mengapresiasi kerja keras sekolah-sekolah, yang terus secara konsisten mengupayakan kegiatan-kegiatan berbasis lingkungan ini. 

Dirinya berharap seluruh sekolah yang ada di Provinsi Kaltara harus berlabel Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Kami sangat mengapresiasi sekolah-sekolah yang meraih penghargaan adiwiyata. Bukan tidak mungkin tahun ini kita kembali mendapatkan penghargaan tersebut. Bahkan, mendapatkan penghargaan adiwiyata tertinggi, yakni Adiwiyata Mandiri, ungkapnya.

Disebutkan, ada 4 komponen yang menjadi penilaian adiwiyata. Antara lain, kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan sekolah yang bersifat partisifatif, serta pengelolaan sarana prasarana ramah lingkungan. 

“Program sekolah adiwiyata, salah satu tujuannya adalah merubah anak didik dari tidak peduli lingkungan menjadi peduli. Termasuk guru-guru, dan juga seluruh warga sekolah sekolah lainnya, kata Edy.

Untuk diketahui, Penghargaan Adiwiyata adalah penghargaan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, yang dilaksanakan setiap tahun oleh Kementerian LHK bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia. Pada 2018, ada sebanyak 279 sekolah adiwiyata nasional dan ada 117 sekolah adiwiyata mandiri yang berhak meraih penghargaan. 

Dari 279 sekolah, 7 sekolah di antaranya diraih oleh sekolah asal Kaltara. Penghargaan adiwiyata diserahkan di Jakarta pada bulan Desember 2018 lalu, dan diserahkan langsung oleh Menteri LKH Siti Nurbaya dan Mendikbud Muhadjir Effendy.(humas/AS)


Sekolah Penerima Penghargaan Adiwiyata Nasional Tahun 2018 :

SDN 009 Tanjung Palas (Kabupaten Bulungan)
SMPN 1 Bunyu (Kabupaten Bulungan)
SDN 012 Tana Tidung (Kabupaten Tana Tidung)
SDN 013 Tana Tidung (Kabupaten Tana Tidung)
SDN 003 Tarakan (Kota Tarakan)
SDN 014 Tarakan (Kota Tarakan)
SDN 037 Tarakan (Kota Tarakan)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia
Jangan Lupa Coblos No Urut 3 Dapil Tarakan Barat dari Partai Solidaritas Indonesia