Kejati Kaltim Lakukan Sosialisasi Pakem Di Kejari Tarakan

Kamis, 20 Desember 2018 | 10:13

Bagikan:
PAKEM : Kejaksaan Tinggi Negeri Tarakan melakukan  sosialisasi tentang pengawasan kepercayaan dan aliran keagamaan dalam masyarakat.



TARAKAN - KORANDIGITALNET.COM – Kejaksaan Tinggi Kaltim, melakukan Sosialisasi dengan Program Pengawasan Kepercayaan dan Aliran Keagamaan dalam masyarakat (Pakem) bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Tarakan, pada Rabu (19/12) di ruang Aula Kejari Tarakan.

Terkait hal itu, Asisten Intelkam Kejati Kaltim, Josia Koni mengatakan, dalam Sosialisasi tersebut, Kejati Kaltim turun ke daerah, di Kaltara untuk melihat detail permasalahan Pakem di Kaltara.

“Jadi tdi kita membahas masalah Kepercayaan yang menyimpang,” jelasnya.

Lanjutnya, dalam pembahasan itu juga, pihaknya mengawasi paham tentang kepercayaan dan keagamaan yang menyimpang, yang dimana terdapat dalam salah satu program kerja Kejaksaan di seluruh Indonesia. 

“Meneliti dan menganalisis masalah ini, dilakukan oleh fungsi intelejen di Kejaksaan,” tuturnya.

Selain itu, Dalam Pakem ini sendiri, selain Kejaksaan juga ada dari unsur TNI, Badan Kesbangpol, Dinas Pendidikan, FKUB, Kementrian Agama dan Badan Intelejen Daerah.

Dirinya juga mengaku, apabila dipandang perlu untuk direkomendasikan ke Pemerintah pusat, maka masalah akan dibahas di daerah untuk dibawa ke pusat. Diakuinya, masalah kepercayaan terutama Saksi Yehuva ini belum selesai dan terus menerus ada.

“Seperti saksi Yehuva yang saat ini dalam pembahasan, sebelumnya kan kita lihat dulu, meresahkan atau tidak, terus bertentangan atau tidak dengan ajaran yang ada, walaupun terdaftar di Bimbigan Masyarakat Kementrian Agama, bila menganggu akan dibubarkan,” terangnya.

Sementara itu, tidak hanya di Tarakan mengenai Saksi Yehuva, di Samarinda juga ada dengan aliran ini. Pasalnya, penyebaran Yehuva tersebut juga sangat tertutup dan cukup meresahkan masyarakat lain.

Sementara itu, saksi Yehuva ini terdeteksi ada di Tarakan sejak tahun 2016 lalu, saat penganut aliran Saksi Yehuva ini dilaporkan warga mendatangi rumah-rumah dan mencoba menyebarkan aliran yang dianutnya. (AD)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia
Jangan Lupa Coblos No Urut 3 Dapil Tarakan Barat dari Partai Solidaritas Indonesia