Perusahaan Udang Tarakan Hampir Ludes Terbakar

Senin, 01 Oktober 2018 | 20:43

Bagikan:
BOILER : Petugas bersama buruh, dan warga berupaya memadamkan mesin uap (BOILER) yang terbakar.(01/10)



TARAKAN - KORANDIGITALNET.COM  –  Sebuah perusahaan pengelola udang milik PT Mustika Minausa Aurora hampir ludes dilahap si jago merah, Senin (1/10/2018). Walau tak ada korban jiwa, kebakaran tersebut membuat buruh panik hingga berebutan ingin keluar dari area pabrik.

petugas pemadam kebakaran sempat terkendala menuju lokasi kebakaran lantaran banyaknya buruh berlarian ingin keluar Ditambah dengan jalan menuju ke TKP yang sempit dari kawasan perusahaan sehingga menyulitkan petugas untuk masuk. Beberapa buruh mengaku sangat ketakutan ketika mengetahui area tempat ia bekerja terjadi kebakaran.

“Saya panik mas,  gedung mesin uap kan yang terbakar. Yang saya takuti  ledakan Trus menyambar gitulah,” kata Widya salah satu buruh, Senin (1/10). 

Widya menerangkan saat terjadi kebakaran, dirinya bersama para buruh lain sedang di dalam pabrik tempat pencucian udang yang masih berada pada daerah sekitaran perusahaan. Saat alarm Emergency berbunyi, ia bersama temannya langsung meninggalkan pekerjaannya dan keluar dari ruangan. 

“Pas keluar dari ruangan, asapnya tebal. Teman saya juga bilang mesin uap yang terbakar itu bisa meledak soalnyakan mesin uap itu berbentuk seperti tabung. Jadi itu yang buat saya semakin panik,” tambah Widya.

Petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi langsung berusaha memadamkan api dan dibantu dengan beberapa buruh, dan warga  Awalnya, 15 petugas dan 2 unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan sempat kewalahan memadamkan api yang telah membesar dan melahap habis seluruh ruangan mesin. Stelah setengah jam kemudian akhirnya api pun berhasil dipadamkan.

Manager perusahaan PT Mustika Minausa Aurora, Wili mengatakan kebakaran bermula dari salah satu mesin uap yang digunakan untuk memanaskan udang. Dirinya mengaku pihaknya mengetahui  salah satu mesin uap milik perusahaannya terbakar saat api telah membesar sehingga tidak sempat dipadamkan. 

“Untuk keselamatan pekerja, kita langsung bunyikan alarm dan menghimbau kepada seluruh pekerja agar secepatnya keluar dari kawasan perusahaan,” kata Wili

Ditanya terkait apakah perusahaannya akan libur setelah terjadi kebakaran pada salah satu mesin uap milik perusahaan milik PT Mustika Minausa Aurora, Wili mengatakan perusahaannya akan tetap melakukan aktifitas seperti biasa. Lantaran untuk mesin uap lainya yang pihaknya gunakan untuk memanaskan udang masih beroperasi. 

“Pastinya ada kerugian, untuk jumlah kerugiannya ya itu belum bisa kita perkirakan,” tutupnya. (BD)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM