1,052 Kilogram Sabu dan 1020 Botol Miras Dimusnahkan

Senin, 01 Oktober 2018 | 19:34

Bagikan:
Pemusnahan Sabu : Pemusnahan narkotika jenis sabu dan miras yang dilakukan Polres Tarakan



TARAKAN - KORANDIGITALNET.COM  – Komitment TNI Polri dan Pemerintah untuk memberantas penyebaran narkoba dan miras illegal Khususnya di Kota Tarakan memang tak main-main. Ditafsirkan 1,052 kilogram narkotika jenis sabu dan 1020 botol minuman keras (miras) dimusnahkan di halaman lelakang Polres Tarakan, Senin (1/10).

Dimusnahkan nya barang-barang haram tersebut tidak hanya dihadiri oleh aparat keamanan. Pemerintah dan instansi terkait lainnya pun turut hadir seperti Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tarakan Salman Aradeng, Sekretaris Kota (Sekkot) Tarakan Firmannur,, Kepala Kejaksaan Negeri Rachmat Vidianto, perwakilan dari Satradar , perwakilan Pangkalan Angkatan Udara, perwakilan Bandara Juwata dan instansi terkait lainnya.

Dalam Rangka pemusnahan dua jenis barang haram tersebut dengan cara yang berbeda. Pemusnahan barang bukti jenis miras dilakukan dengan cara dilindas menggunakan alat berat. Sementara untuk barang bukti jenis sabu dimusnahkan dengan cara dilarutkan kedalam air dalam sebuah wadah.

Kapolres Tarakan AKBP Yudhistira Midyahwan menekankan kepada Semua masyarakat agar tidak mengkonsumsi miras oplosan apalagi menjual miras oplosan. Hal tersebut dikatakan lantaran selain membahayakan diri sendiri, penjual miras oplosan dapat dikenakan tindak pidana.

“Tindak pidana untuk penjual miras illegal ini berdasarkan Peraturan Daerah (Perda). Penerapan Perda tentang miras ini tidak hanya diterapkan oleh Polres Tarakan saja. Pihak lainya pun, seperti Satpol PP Tarakan juga turut melakukan penerapkan,” kata Yudhistira 

Dirinya menambahkan jika penjual miras tidak memiliki izin, akan diproses Tindak Pidana Ringan (Tipiring). Meski demikian, sekalipun si penjual sudah punya izin. Yudhistira menegaskan si penjual tidak boleh menjual sembarangan.

“Dalam Perda juga sudah diatur kategori pembeli hingga tempatnya," tutupnya. 

Sementara Ketua DPRD Tarakan, Salman Aradeng mengatakan sangat mengapresiasi aparat kepolisian yang telah berusaha menjaga tersebarnya narkotika dan miras di Tarakan.

“Saya sangat mengapresiasi Polres Tarakan yang memperketat pengawasan terhadap beredarnya miras illegal dan Narkotika. Memang sebaiknya harus sering dilakukan penertiban dengan razia dan patroli, sehingga penindakan bisa dilakukan," kata Salman.

Selain itu Sekkot Tarakan, Firmannur juga turut mengapresiasi kinerja polisi melakukan gerakan berantas narkoba dan miras illegal. Ditanya terkait penjualan miras oplosan, Firmannur menjelaskan penjualan miras mempunyai mekanisme dan prosedur perizinan. “Jika tidak miliki izin, pemerintah bersama TNI Polri akan perangi semua," tegasnya. (BD)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia
Jangan Lupa Coblos No Urut 3 Dapil Tarakan Barat dari Partai Solidaritas Indonesia