Rawan Kecelakaan, Kemiringan Tanjakan Amal Sangat Curam

Selasa, 11 September 2018 | 18:44

Bagikan:
Photo : Walikota Tarakan Ir Sofian Raga saat ditemui di gedung serbaguna kantor walikota, Beberapa bulan lalu.


TARAKAN - KORANDIGITALNET.COM - Tanjakan Maut, begitulah gelar Tanjakan amal tersebut. Pasalnya, banyak kecelakaan yang terjadi di tanjakan ini, seperti yang baru terjadi pada kamis (7/9) kemarin.

Meski Satlantas Polres Tarakan masih melakukan penyelidikan terkait kecelakaan yang hampir kembali memakan korban jiwa ini, namun terkait sudut tanjakan yang curam menjadi alasan kecelakaan yang kerap terjadi. 

Terkait hal itu, Wali Kota Tarakan, Sofian Raga mengatakan, pihak ya telah mengkaji dan melakukan usulan dengan pemangkasan tanjakan maut tersebut. "Nanti, rencana kita akan mengalihkan sementara lalu lintas menuju ke Jalan Binalatung, Pantai Amal, Kampus Universitas Borneo Tarakan dan Kampus STIE BulunganTarakan melewati Jalan Karungan di Kelurahan MamburunganTimur, dan juga, pemangkasan tanjakan ini, sudah masuk program yang dirancang Pemerintah Kota (Pemkot)," jelasnya.

Lanjutnya, pihaknya juga sudah melakukan pertemuan dengan warga setempat untuk disosialisasikan terkait pemotongan tanjakan Gunung Amal. 

“Sudah berjalan, hanya saja sampai saat ini kita terbentur oleh keterbatasan anggaran. Tapi konsepnya sudah disiapkan,” ungkapnya. 

Kemudian itu juga, untuk pemotongan tanjakan Gunung Amal, Pemkot membutuhkan anggaran Rp 60 miliar. Rencananya, kemiringan tanjakan Gunung Amal akan dipangkas berkisar 8 sampai 10 derajat sehingga aman dilalui kendaraan baik roda dua terlebih lagi roda empat. 

"Jadi kemiringan tanjakan amal ini tidak aman bagi kendaraan yang melalui tanjakan itu," tuturnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Tarakan AKP Abu Sangit melalui Kanit Laka, Ipda Patarai mengaku pihaknya sangat mendukung sekali terhadap wacana pemotongan tanjakan Gunung Amal.

“Kita dukung aja, karena dengan pemangkasan tanjakan amal itu bisa menghindar kecelakaan didaerah itu," tuturnya. (AD)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia
Jangan Lupa Coblos No Urut 3 Dapil Tarakan Barat dari Partai Solidaritas Indonesia