Kaltara dan Kaltim Turut Merasakan Getaran Gempa,

Minggu, 30 September 2018 | 19:38

Bagikan:
Kantor BMKG Kota Tarakan


TARAKAN - KORANDIGITALNET.COM - Gempa bermagnitudo 7,4 SR  mengguncang Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sulawesi Barat (Sulbar)  pada Jumat (28/9) lalu, hal serupa juga dirasakan oleh warga Kalimantan khususnya Kaltim dan Kaltara. Meski demikian, Hermansyah Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geo Fisika (BMKG) Tarakan Dengan tegas menyatakan tidak ada terjadinya tsunami meski Kaltara sempat merasakan getaran gempa tersebut.

“Hal ini saya sampaikan, lantaran saya masih mendapati kabar tidak baik di sosial media maupun mulut ke mulut, bahwa akan terjadinya tsunami. Padahal peringatan potensi terjadinya tsunami yang dikeluarkan oleh BMKG sebelumnya sudah dicabut dan dinyatakan telah aman,” kata Hermansyah.

Dirinya menegaskan, agar masyarakat Kaltara khususnya Tarakan tidak membuat maupun menyebarkan kabar-kabar gempa susulan atau tsunami yang bukan dikeluarkan oleh BMKG secara resmi. Lantaran menurutnya hal ini akan membuat kepanikan kepada warga sehingga bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Jadi saya tegaskan tidak ada namanya tsunami di Tarakan. Kalau Gelombang Tinggi ada, gelombang tinggi yang disebabkan oleh angin bukan dari gempa” tegasnya.

Ditanya terkait apakah Kaltara aman dari gempa dan Tsunami? Hermansyah menjelaskan gempa bumi tetap bisa terjadi di Kalimantan lantaran pulau maupun laut yang ada disekitaran Pulau Kalimantan mempunyai zona rekahan. Hermansyah melanjutkan, Zona rekahan adalah lapisan batuan bumi yang bergeser atau berpindah  terjadi akibat gaya lempeng tektonik. 

"Jadi gempa itu tidak bisa diprediksi, namun terkait lengkapnya mengenai gempa dan tsunami, lebih lengkapnya di BMKG Kaltim. singkatnya. (BD)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia
Jangan Lupa Coblos No Urut 3 Dapil Tarakan Barat dari Partai Solidaritas Indonesia