Koperasi Produsen Nelayan Kaltara Produksi Benih Kepiting Bakau Sebanyak 104.200 Selama Dua Periode

Selasa, 07 Agustus 2018 | 17:05

Bagikan:
KEPITING BAKAU : Edy purwanto selaku ketua Koperasi Produsen Nelayan Kaltara menyampaikan beberapa hal terkait budidaya kepiting bakau, Di Aula Dinas Kelautan Perikanan Tarakan.(7/8).


TARAKAN - korandigitalnet.com - Kalimantan Utara menyimpan banyak potensi perokonomian yang cukup besar untuk dapat di manfaatkan mensejahterakan masyarakat setempat, melalui sejumlah program pemberdayaan masyarakat dalam beberapa tahun terakhir ini, koperasi produsen nelayan kalimantan utara turut berkontribusi dalam upaya pengembangan masyarakat.

Program pemberdayaan koperasi produsen nelayan kalimantan utara yang melibatkan beberapa kelompok masyarakat adalah budidaya kepiting bakau.

Pada tanggal 22 februari 2018 lalu koperasi produsen nelayan kalimantan utara yang bekerjasama dengan balai besar perikanan budidaya air payau jepara berhasil menetaskan telur induk kepiting bakau dan sudah memproduksi benih kepiting pada periode pertama 85.000 ekor dan 19.200 ekor pada periode kedua.

Kepiting bakau


Edy purwanto selaku ketua koperasi menyampaikan bahwa benih tersebut dibagikan kepada seluruh anggota koperasi, tambak konservatif mangrove, koperasi tambak penelitian dan pengembangan (budidaya), serta koperasi tambak penelitian universitas borneo tarakan (UBT) untuk dilakukan pembesaran.

Menurut edy sesuai dengan perhitungan rencananya bibit tersebut akan di panen pada tanggal 15 agustus 2018 dengan ukuran panjang rata-rata 15 CM dan berat diatas 200 gram per ekornya.

Dia juga menambahkan bahwa keberhasilan koperasi kami tidak lepas dari bimbingan yang dilakukan oleh Dr. Eppy Iromo yang merupakan pakar kepiting dari UBT.

budidaya kepiting tersebut merupakan komitmen kami dari koperasi, kami yakin dapat memenuhi kebutuhan dari anggota koperasi dan masyarakat untuk penyediaan bibit kepiting. Ucapnya.

Kami juga mengundang seluruh lapisan masyarakat untuk dapat menyaksikan langsung panen budidaya kepiting dan sambung rasa pada tanggal 15 agustus mendatang di jembatan bongkok. Tutupnya.(AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM