Hartono : RAT Adalah Ujung Tombak Koperasi

Rabu, 08 Agustus 2018 | 11:37

Bagikan:
RAT : Kadisperindagkop & UKM Kaltara Drs Hartono MSi saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara pelatihan RAT di Hotel Laura Nunukan.


NUNUKAN - korandigitalnet.com - Disperindagkop & UKM Kaltara melaksanakan pelatihan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi se-Kaltara, Yang dihadiri oleh Kadis Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Nunukan Hasriansyah SE, Narasumber dari Lapenkop (Lembaga Pendidikan Perkoperasian) Bandung, Arifuddin dan Riswan, Acara yang dilangsungkan di Hotel Laura Nunukan tersebut, Dibuka langsung oleh Kadis Perindagkop & UKM Kaltara Drs Hartono MSi, Dan dijadwalkan berlangsung selama 3 hari.

Dalam sambutannya, Hartono mengatakan bahwa, RAT adalah ujung tombak koperasi dalam melihat kalau koperasi tersebut sehat atau tidak,"Saya mengapresiasi di  Kaltara mulai menyadari akan pentingnya Rapat Anggota Tahunan (RAT), Sekali lagi saya menghimbau kepada pengurus koperasi untuk mengisi atau menginput data koperasi ke Online Data Sistem (ODS), Dengan cara mengirimkan berkas laporan RAT kedinasan koperasi kab/kota, karena syarat untuk mendapatkan dana LPDB ( Lembaga Pengelola Dana Bergulir) Kemenkop & UKM RI, Koperasi tersebut harus sehat dan aktif, Dana LPDB tersebut bertujuan agar koperasi mampu bersaing, membuka lapangan kerja UMKM, Mengentaskan kemiskinan," Kata Hartono.

Photo bersama Kadisperindagkop & UKM Kaltara, Kadis Koperasi UKM & Perindustrian Nunukan dan para peserta pelatihan RAT.


Dilain kesempatan, Kadis koperasi UKM & Perindustrian kabupaten Nunukan Hasriansyah SE ,  Menyampaikan akan pentingnya RAT, Hal ini penting dilakukan agar koperasi bisa mengetahui keadaan keuangan koperasi secara berkelanjutan dari tahun ke tahun, apakah maju atau tidak," Saya menghimbau kepada pengurus koperasi, agar sering mengikuti pelatihan perkoperasian, baik diselenggarakan oleh Pemkab Nunukan ataupun Pemprov Kaltara, agar nantinya bisa dipraktekkan di koperasinya," Ungkapnya.

"Lapenkop RI adalah suatu lembaga nasional yang khusus memberikan pelatihan perkoperasian diseluruh Indonesia, Dan merupakan mitra Kemenkop & UKM RI,"Jelas Hasriansyah.

Acara pelatihan tersebut dilaksanakan guna mendidik pengurus koperasi tentang tata cara pelaksanaan RAT baik dan benar, Mulai dari cara persiapan RAT, Sistematika laporan pengurus, Pembukuan neraca keuangan (activa dan pasiva) serta pengawasan.(AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia
Jangan Lupa Coblos No Urut 3 Dapil Tarakan Barat dari Partai Solidaritas Indonesia