Harga Udang Anjlok, Patani Tambak Ancam Demo

Sabtu, 21 Juli 2018 | 22:23

Bagikan:
HARGA UDANG : Sejumlah petani tambak yang tergabung dalam forum bela petani tambak membahas soal anjloknya harga udang, di aula SMK 2 Tarakan, Kamis lalu.(19/7)



TARAKAN - korandigitalnet.com - Bertempat di aula SMK 2 Kota Tarakan, Berlangsung pertemuan antara petani tambak dan beberapa pemilik kios pembelian udang, Yang tergabung dalam Forum Bela Petani Tambak, guna membahas masalah anjloknya harga udang di di Kalimantan Utara ini.

Pertemuan yang dihadiri kurang lebih 600 orang petani tambak tersebut, seganja dilakukan, untuk mencari solusi, agar harga udang bisa kembali stabil seperti dulu lagi.

Salah satu petani tambak (Sahar) mengatakan, bahwa, harga udang mengalami penurunan yang sangat signifikan," Dulunya harga udang yang zise 60 itu mencapai 150.000 rupiah, Nah, sekarang ini tinggal 75.000 perkilonya, inikan jauh sekali turunnya, sekitar 50 % dari harga semula," Katanya.

Lanjutnya, Dolar saat ini naik, Mestinya harga udang juga naik, ini ko malah turun drastis, ongkos yang kami gunakan, seperti beli bibit, pupuk dan keperluan lainnya sangat besar, sementara, hasil yang kita dapatkan berbanding jauh, ini sangat merugikan kami sebagai petani tambak,"Jelas Sahar.

Seperti kita ketahui bersama, harga udang di Kaltara saat ini ditentukan oleh perusahaan atau pembelian udang, sehingga, tingkat pengawasan soal harga sulit dilakukan, pada hal, udang merupakan komoditi ekspor yang sangat diminati oleh negara lain, seperti Jepang dan China.

"Untuk itu, Di mohon kepada dinas yang terkait, dalam hal ini Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kaltara, untuk lebih serius mendengarkan keluhan petambak, Dimana lagi kami harus mengadu, Kami sudah mengeluh ke Pemkot, tapi belum juga ada solusi, Kasihan para petani tambak yang tiap panen selalu merugi, kalau hal ini tidak ditindaklanjuti, maka forum ini akan melakukan demo ke DPRD dan Pemkot Tarakan, " Tegas Sahar.(AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia
Jangan Lupa Coblos No Urut 3 Dapil Tarakan Barat dari Partai Solidaritas Indonesia