FPI Mendapat Penolakan Dari Adat Besar Krayan Hulu

Sabtu, 14 Juli 2018 | 14:24

Bagikan:

Nunukan - korandigitalnet.com - Terkait adanya rencana ormas Forum Pembela Islam (FPI) melaksanakan Musyawarah Daerah pada hari ini di Kota Tarakan, Mendapat penolakan dari Kepala Adat Besar se-Krayan.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekertaris Jenderal Kepala Adat Besar Krayan Hulu, Gat Khaleb A, Dirinya mengatakan bahwa, pada tanggal 13 kemaren, dibuat 5 buah kesepakatan, yang salah satunya adalah menolak kehadiran ormas tersebut di Kalimantan Utara.

"Ada 5 poin penting dari hasil kesepakatan Adat Besar Krayan, Dan telah ditandatangani oleh para petinggi adat," Kata Gat (AS)

5 Hasil kesepakatan tersebut adalah :

1.Selaku Kepala Adat Besar se-Krayan, kami berkewajiban menjaga keharmonisan dan kerukunan seluruh masyarakat Kaltara yang majemuk dari segi suku, budaya dan agama agar hidup berdampingan secara damai dalam semangat kekeluargaan.

2.Kami ingin memastikan tidak terjadinya gesekan antar kelompok masyarakat yang mengarah atau berujung pada konflik bernuansa SARA di wilayah Kaltara di masa yang akan datang (seperti yg pernah terjadi di Nunukan dan Tarakan beberapa tahun silam.

3. Fakta sejarah menunjukkan bahwa FPI adalah Ormas yg mengedepankan sikap intoleransi dan menyebarkan paham radikalisme serta terorisme di Indonesia.

4. Kami menolak dengan tegas keberadaan FPI di wilayah Kaltara dalam segala bentuk.

5. Meminta dengan hormat kepada pihak keamanan, dalam hal ini POLRI agar tidak mengijinkan setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh FPI di wilayah Kaltara. 

Demikian pernyataan sikap ini kami sampaikan sebagai wujud kecintaan dan komitmen kami menjaga keharmonisan serta kerukunan seluruh masyarakat Kaltara. 

Krayan, 13 Juli 2018
TTD
Gat Khaleb A
(Sekjen Kadat Besar Krayan Hulu)
Lewi G. Paru
(Kadat Besar Krayan Hulu)
L. Rining Liang, SH
(Kadat Besar Krayan Darat)
Kam Pangeran
(Kadat Besar Krayan Tengah)
Danel Sinau
(Kadat Besar Krayan Timur)
Ishak Surang
(Kadat Besar Krayan Barat)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM