Akibat Turun Hujan Sejak Dini Hari Tadi, Sebagian Rumah Warga Terendam Banjir

Sabtu, 28 Juli 2018 | 11:58

Bagikan:
BANJIR : Nampak sejumlah warga Karang Anyar RT 18 yang rumahnya mengalami kebanjiran berusaha membersihkan lumpur, pasir yang berada di dalam rumah dan pekarangan.(28/7).



TARAKAN - korandigitalnet.com - Akibat diguyur hujan semalaman, sehingga mengakibatkan banjir di beberapa titik di kota Tarakan.(28/7/2018)

Seperti yang terjadi di Kelurahan Karang Anyar RT.18, Dimana banjir menggenangi pemukiman warga sekitar, hal ini disebabkan oleh meluapnya sungai yang ada didaerah tersebut.

Menurut salah satu warga yang rumahnya mengalami kebanjiran (Edi) menjelaskan bahwa, hujan yang turun sejak tadi malam membuat sungai yang tepat berada disamping rumahnya meluap," Hujan sangat deras pada jam 05.00 wita, Sungai disebelah ini meluap sehingga merendam rumah kami dan beberapa rumah lagi yang berada disekitar sini," Jelas Edi sambil menunjuk kearah sungai.

Sungai Karang Anyar yang meluap dan merendam sebagian rumah warga yang berada di sekitar Rt.18.



Edi juga mengatakan kalau sungai Karang Anyar tersebut memang sudah mengalami pendangkalan," Sungai itu sudah dangkal mas, Banyak pasir dan sampah masyarakat, jadi pas turun hujan pasti banjir dan meluap kerumah kami, Walau hanya sejam turun hujan pasti banjir mas," Katanya.

Selain Karang Anyar, Kanal yang berada di daerah Jalan Mulawarman meluap kejalan, sehingga membuat kemacetan di daerah rawan banjir ini.
Photo oleh Tato Darwanto
Nampak pengendara roda empat mencoba menerobos banjir yang terjadi di Jalan Mulawarman kota Tarakan.


Sejumlah pengendara roda empat maupun sepeda motor nampak tak mampu melewati genangan air banjir yang mencapai pinggang orang dewasa.

Selain Karang Anyar dan Jalan Mulawarman, Banjir juga terjadi di Jalan Imam Bonjol Kelurahan Pamusian, Banjir yang mencapai 50 cm tersebut sempat menghalangi warga yang kebetulan ingin mengantar anaknya kesekolah, hingga berita ini kami turunkan, Genangan air sudah mulai surut.
Photo oleh Tato Darwanto
Sebagian ruas jalan di Kota Tarakan masih digenangi banjir akibat hujan deras yang turun sejak tadi makam.


Terkait dengan banjir tersebut, peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam hal pendangkalan sungai dibeberapa tempat di kota Tarakan, Pengerukan sungai mesti dilakukan, guna menghindari banjir yang terus menerus terjadi bila musim hujan datang.

Photo akun Facebook Dwi Tarakan
Gang Teratai RT.65 Pasir Putih juga tak luput dari genangan air akibat hujan deras yang turun sejak dini hari tadi.


Selain pemerintah, masyarakat juga mesti sadar, agar jangan membuang sampah ke sungai, yang bisa mengakibatkan pendangkalan dan penyumbatan pembuangan air dan sehingga mengakibatkan banjir, hal tersebut selain merugikan diri sendiri, jiga merugikan  warga lain yang kena dampak dari luapan sungai.(AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM