Dua Warga RT 11 Selumit Pantai Yang Terbaring Sakit Menggunakan Hak Pilihnya

Wednesday, June 27, 2018 | 17:09

Bagikan:

PILWALI : Saat petugas KPPS dan TPS mendatangi salah satu warga RT 11 Hj Fatimang, untuk menggunakan hak pilihnya.(27)


TARAKAN - korandigitalnet.com - Komisi Pemilihan Umum Kota Tarakan memberikan kemudahan bagi warga yang mempunyai hak pilih, namun tak bisa ke TPS karena sakit, yaitu dengan mendatangi pemilih tersebut ke rumah.(27/2/2018).

Ketentuan tersebut tertuang dalam surat edaran KPU RI nomor 151.KPU .II.2017.

Bagi pemilih yang sakit di rumah dan diyakini tidak dapat menggunakan hak pilihnya di TPS, dapat dilayani hak pilihnya dengan cara mendatangi pemilih tersebut dengan persetujuan para saksi pasangan calon dan panwas TPS/PPL dengan tetap mengutamakan kerahasiaan pemilih, pelayanan hak pilih tersebut dilaksanakan oleh dua orang petugas KPPS bersama dengan PPL/ pengawas TPS dan saksi, hanya dengan tetap mempertimbangkan pelayanan pemilih di TPS sebagai tugas utama.

Came warga Selumit Pantai menggunakan hak pilihnya pada Pilwali 2018 ini.



Hal tersebut juga berlaku di kelurahan Selumit Pantai RT 11 , dua warga tersebut mengalami sakit, sehingga tidak bisa datang ke TPS untuk mencoblos.

Demikian yang disampaikan oleh Hj Fatmawati, bahwa, Ibu kandungnya mengalami kelumpuhan dan tidak bisa ke TPS," Nama pemilih Hj Fatimang, beliau sudah lama sakit, makanya saya menghubungi petugas TPS agar ibu saya bisa menggunakan hak pilihnya," Kata Hj Fatma.

Lanjutnya, selain Hj Fatimang, satu warga RT 11 lainnya yang bernama Came, mm mesti menggunakan hak pilihnya tanpa ke TPS," Came juga ini sudah lama sakit, tadi juga didatangi oleh petugas TPS, dan Alhamdulillah, pencoblosannya berjalan dengan lancar," Kata Hj Fatmawati.

Selain bagi warga yang sakit, pelayanan hak pilih juga dilakukan bagi penghuni lapas atau rutan yang belum terdaftar dalam DPT, tetapi memiliki KPT elektronik atau keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) di wilayah daerah pemilihan.(AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM