Pelaksanaan CSR Butuh Sinergi Pemerintah Dengan Perusahaan

Sabtu, 19 Mei 2018 | 14:21

Bagikan:
BERSINERGI : Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (FTJSP) Kalimantan Utara diharapkan membantu pemerintah dalam pembangunan melalui program corporate social responsibilty (CSR).



KORANDIGITALNET.COM - TARAKAN – Sukses dan maksimalnya pelaksanaan program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) ternyata dipengaruhi oleh kerjasama yang baik antara pemerintah dan perusahaan.

Hal ini diketahui dalam kegiatan Temu Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (FTJSP) Kalimantan Utara (Kaltara) di Kantor PT Telkom Tarakan, Kota Tarakan, (17/5).

Diharapkan dalam temu forum teraebut dapat terbangun sinergisitas antara perusahaan yang beroperasi di Kalimantan Utara (Kaltara) dengan pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi Kaltara.

Atas isiniasi PT Telkom Tarakan bersama PT Medco E & P Tarakan, temu forum ini bertujuan untuk mempelajari pengelolaan TJSP dari tuan rumah, yaitu PT Telkom Tarakan dan PT Medco E & P Tarakan. Sehingga sinergisitas yang diharapkan dapat dibangun dengan baik.

Demikian diungkapkan Ketua Umum FTJSP Kaltara, Budi Hartono. “Belajar supaya lebih baik. Perusahaan lain belajar ke Medco dan Telkom. Harapan nanti bisa dipraktekkan di tempat masing-masing. Kalau memang dirasa baik,” ungkapnya, (17/5).


Selama ini pelaksanaan CSR di Kaltara dinilai beragam. Ada yang sudah bagus, ada yang baru mulai, ada juga yang belum sama sekali.
“Makanya perlu ada forum untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman. Berbagi motivasi juga, termasuk bersinergi,” paparnya.

Pada temu forum ketiga tersebut, usai presentasi TJSP oleh PT Telkom Tarakan dan PT Medco E & P Tarakan, dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Rumah Pintar Telkom Tarakan, serta Taman Industri Sampah - Kegiatan Ekonomi Berbasis Pengelolaan Lingkungan (TIS - KEBAL) PT Medco E & P Tarakan.

“Selain belajar dari perusahaan tuan rumah untuk pengelolaan TJSP. Kita undang Bappeda dan Litbang Kaltara yang presentasi masalah Suistanable Development Goals (SDG’s),” bebernya.

Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan, Bappeda dan Litbang Kaltara, Timbul Sibarani menyampaikan jika kegiatan CSR oleh perusahaan yang beroperasi di Kaltara disinergikan dengan program pemerintah akan kelihatan hasilnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ia berharap agar penyampaian materi tentang rencana pembangunan berkelanjutan olehnya dapat disampaikan dokumen perencanaan yang harus disinergikan dengan rencana aksi yang dilakukan oleh dunia usaha secara maksimal.

“Program-program dunia usaha selama ini belum tertuang dalam salah satu dokumen perencanaan yang formal. Baik itu rencana aksi daerah, maupun dalam dokumen perencanaan lainnya. Kita sekarang lagi menyusun dokumen perencanaan SDG's atau TPB. Dunia usaha terlibat di dalamnya,” katanya.

Temu FTJSP tersebut kemudian ditutup dengan Sholat Maghrib berjamaah dan buka puasa bersama oleh puluhan perwakilan perusahaan di Kaltara. (ABA)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM