Dishub Kaltara Gelar Koordinasi Bersama Ditlantas Polda Kaltara

Kamis, 10 Mei 2018 | 20:52

Bagikan:
Photo bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kaltara bersama Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kaltara di Hotel Crown Tanjung Selor.(9/5).



KORANDIGITALNET.COM - TARAKAN – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kaltara bersama Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kaltara, Rabu (9/5) kemarin melakukan Rapat Koordinasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Provinsi Kaltara. 

Kepala Dishub Kaltara, Topan menuturkan rapat koordinasi ini sekaligus membahas tentang lalu lintas laut, darat dan udara menjelang Ramadhan dan Lebaran nanti. Sebenarnya, sebelum rapat koordinasi yang digelar di Royal Crown Hotel ini, Dishub sudah menggelar rapat soal lalu lintas Lebaran tahun ini di Tanjung Selor, Bulungan.

“Sebenarnya, untuk Dinas Pekerjaan Umum, titik simpul jalan yang menghubungkan antara seluruh Kabupaten, Bulungan, Tana Tidung dan Malinau hingga ke Berau, Kaltim dipastikan lancar,” ujarnya.

Ia pun memastikan, dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) juga sudah melakukan pemeliharaan dan akan membuat posko dilokasi strategis untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, termasuk mempersiapkan alat berat. 

Hal ini dilakukan untuk menjaga kemungkinan adanya cuaca ekstrim, hujan terus menerus dan terjadi longsor hingga jalan putus bisa ditangani dengan cepat. Diakuinya, jika perbaikan jalan dilakukan cukup lama, maka bisa menghambat logistik menjelang Lebaran nanti.

“Ini dari transportasi jalannya, tapi kalau dari kesiapan logistik untuk Disperindagkop selama 7 bulan kedepan itu sudah stok sudah cukup, ready dan aman. Sedangkan informasi dari Pertamina untuk bahan bakar belum ada karena tidak hadir dalam rapat koordinasi ini,” katanya.

Namun, kata dia, karena stok bahan bakar minyak yang ada di Bulungan sekitar 50 persennya berasal dari Kabupaten Berau, Kaltim maka diharapkan jalan yang menghubungkan Berau dan Bulungan, mulai sekarang sudah dipastikan lancar. Jangan sampai malah menjelang Lebaran malah stok bahan bakar kurang karena terkendala jalan.

“Kalau transportasi laut dan darat sudah kita dapatkan informasi dari Kepala Bandara, memastikan bahwa mereka juga akan bentuk posko untuk mengantisipasi melonjaknya mobilisasi penumpang, tetapi diprediksikan seperti ditahun sebelumnya, dengan jumlah pesawat yang ada tidak ada ekstra flight dan masih bisa dipenuhi antara dua ribu hingga tiga ribu penumpang,” bebernya.

Termasuk, jika nanti kendaraan sungai dan laut juga meskipun jumlah penumpang dipastikan melonjak tajam di menjelang Lebaran, dipastikan bisa terakomodir. “Saya harapkan, dengan koordinasi ini melalui posko yang ada nanti kita akan bersatu dan segala permasalahan akan dipecahkan pada saat terjadi masalah,” tandasnya. 

Ia juga berharap Basarnas, Dinas Komunikasi dan Informatika dan Dinas Kesehatan bisa bersinergi bersama, semua masalah bisa ditangani dengan lancar dan cepat. 

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Kaltara, AKBP Noviar menambahkan, Polri dalam rangka menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat dalam berlalu lintas tidak bisa bekerja sendiri. Ia mengaku tetap membutuhkan instansi terkait dalam rangka pengamanan lebaran nanti.

“Sehingga, instansi terkait berdasarkan tugas pokok dan fungsi masing-masing dengan sarana prasaranya siap ditempat, mulai dari alat hingga operator misalnya. Contoh dijalan, ketiga ada pos pengamanan Bulungan-Berau, jika terjadi longsor maka sudah ready alat berat, eksavator hingga operatornya,” ungkap AKBP Noviar.

Selanjutnya, instansi terkait tinggal Dinas Pekerjaan Umum dan BPJN yang akan dikondisikan. Sedangkan untuk Pelabuhan Laut dan Pelabuhan Udara, kata dia sebagai pusat konsentrasi masa, nanti Polri akan bekerja sama dengan membangun posko keamanan termasuk penggelaran personel ditambah instansi samping.

“Nanti di level Kabupaten Kota juga akan ada rapat lanjutan, ditambah masyarakat Kaltara bersama menjaga keamanan dan kalau ada mobilisasi masa dari Tenaga Kerja Indonesia yang pulang melalui jalur Tarakan, bisa tertib, aman dan lancar,” tutupnya. (AD)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM