Kasus Sabu 11,4 Kg, Hakim Vonis 2 Terdakwa Hukuman Mati 3 Terdakwa Hukuman Seumur Hidup

Monday, April 9, 2018 | 17:35

Bagikan:
SABU-SABU : Tampak salah satu dari 5 terdakwa Sabu-sabu. 11,4 Kg.



korandigitalnet.cim - TARAKAN – Pengungkapan kasus sabu 11,4 Kilogram oleh Badan Narkotika Nasional Pusat dengan lima tersangka yang diamankan pada 25 September 2017 lalu. kelima tersangka tersebut telah melakukan sidang vonis di Pengadilan Negeri Tarakan, tadi pagi (9/4) sekira pukul 10.00 wita.

Dalam sidang Majelis hakim PN Tarakan yang diketuai Cirsto E.N Sitorus yang dilakukan siang tadi, kelima tersangka didampinggi istri masing-masing dengan pengamanan ketat oleh pihak Kepolisian Polres Tarakan. Kemudian itu juga, hasil sidang sabu 11,4 Kilogram tersebut, dua terdakwa yakni Andi dan Amin di vonis hukuman mati, dan tiga terdakwa lainnya yakni Ary Permadi, Haryanto dan Roniansyah divonis hukuman seumur hidup.

“Jadi pihak hakim menjatuhkan hukuman terhadap kelima tersangka tersebut berdasarkan fakta selama persidangan dan kelima terdakwa ini juga terbukti melanggar tindak pidana narkotika tanpa hak dan melawan hukum, menawarkan untuk dijual yang beratnya melebihi lima gram sebagaimana dalam pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1 ) UU No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika,” ujar Hakim saat menjatuhi hukuman pada saat persidangan.

Usai menjatuhkan vonis, Hakim memberikan waktu selama 7 hari untuk terdakwa, apakah ingin menyatakan banding atau tidak. 

“Mendengar vonis itu, kelima terdakwa langsung inging menyatakan banding,” kata kelima terdakwa tersebut usai menjalankan sidang satu persatu.

Sementara itu, terkait hal itu, Ketua Pengadilan Negeri Tarakan Wahyu Imam Santoso mengatakan, dalam putusan tersebut merupakan suatu komitmen terhadap penegak hukum untuk memberantas menindak bagi tindak pidanan Narkotika.

“Karena Tarakan ini merupakan pintu gerbang masuknya Narkotika, mungkin Pengadilan ini kami jadikan Kuburan bagi para penyelundup Narkotikan, untuk itu pagi para pelaku tindak pidana narkotika agar berhenti,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri Tarakan melalui Kasintel Tedy HS mengatakan, pihaknya puas dengan hukuman yang telah dijatuhi majelis hakim PN terhadap lima terdakwa ini. Pasalnya hukuman tersebut sesuai dengan tuntutan yang diberikan oleh kejaksaaan penuntut umum.

“Jadi tadi kelima terdakwa menyatakan banding atas hukuman yang dilakukan majelis Hakim, dengan ini kita masih pikir-pikir dulu,” tandasnya. (AD/AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM