Hartono : Sampah Di Olah Jadi Gas dan Disalurkan ke Rumah Warga

Senin, 02 April 2018 | 18:55

Bagikan:
DIKLAT PIM II : Kepala Disperindagkop, Hartono dan Kepala Dinas ESDM, Ferdy Manurung, saat berada di TPA Manggar Balikpapan.(2/4).



korandigitalnet.com - Balikpapan - Para kepala dinas (eselon II) yang sedang mengikuti Diklat PIM II LAN tahap II di Samarinda, Mengunjungi tempat pembuangan sampah akhir terpadu Manggar Balikpapan.(2/4/2018).

Para peserta Diklat PIM II Pusat Kajian, Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Negara (PKP2A) Lembaga Administratur Negara (LAN) di Kota Samarinda, diantaranya, Kepala  Disperindagkop & UKM Kaltara, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas ESDM Kaltara, Karo Humas & Protokoler Pemprov Kaltara, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan dan Kepala Badan Keuangan dan Aset Provinsi Kalimantan Utara, Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala LAN Samarinda.

Lokasi pengolahan sampah menjadi gas Methan.


Menurut Kepala Disperindagkop Kaltara Drs Hartono, Bahwa, Dirinya sangat kagum dengan TPA yang mereka kunjungi, " Tidak seperti kebanyakan TPA sampah, disini sampah dikelola dengan baik dan tidak berbau," Kata Hartono.

"Tadi pengelola TPA sampah menjelaskan kepada kami, sampah-sampah yang menggunung tersebut adalah gas Metan, sampah di olah sedemikian rupa, sehingga menjadi gas dan disalurkan ke rumah warga yang ada disekitar TPA Manggar," Jelas Hartono.

Sekitar 150 Kepala Keluarga (KK) yang berada disekitar TPA sudah menikmati gas dari olahan sampah tersebut, selain diolah menjadi gas dan pupuk organik.

Para peserta LAN berkesempatan meninjau TPA Manggar.


"Lokasi TPA Manggar ini sangat bersih, jauh dari kesan kumuh, malah, TPA ini di jadikan objek wisata edukasi oleh Pemkot Balikpapan, sisa gas Methan setelah dialirkan kerumah warga, itu hanya diuapkan ke udara," Terang Hartono.

Bukan tanpa alasan LAN membawa para peserta Diklat PIM II ke TPA tersebut,  Hal ini berkaitan dengan memotivasi para peserta dalam rangka penyusunan proyek perubahan yang wajib dilaksanakan.

Seperti kita ketahui bersama, beberapa waktu lalu, Gubernur Kalimantan Utara Dr Ir H Irianto Lambrie, mengatakan di hadapan para peserta LAN PIM II, Bahwa, Semoga apa yang didapat dari diklat tersebut, dapat membuat terobosan dan inovasi yang akan berguna bagi Kaltara pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.(MF/AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM