Disprindagkop Kaltara Akan Melaksanakan Pelatihan Perbaikan Kemasan Produk IKM dan Promosi Berbasis Internet

Thursday, April 12, 2018 | 08:25

Bagikan:
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Utara Drs Hartono.M.Si.(12/4)



korandigitalnet.com - Program perbaikan kualitas kemasan dan promosi berbasis internet, bisa menjamin meningkatnya daya saing produk IKM Kaltara dengan daerah lain di Indonesia.(12/4/2018).

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Utara, Selalu berusaha meningkatkan kualitas dan akses pelayanan industri kecil dan menengah, maupun usaha kecil dan menengah menjadi bagian dari bidang pekerjaan Disperindagkop dan UKM Kaltara, tentunya tidak mengesampingkan bidang lain, yang mendukung meningkatnya IKM dan UKM.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Utara, Drs Hartono.M,Si, Bahwa, Sesuai dengan apa yang di programkan Gubernur Kaltara Dr Ir H Irianto Lambrie, sejalan dengan program Kementerian Perindustrian Republik Indonesia melalui Ditjen IKM, Yaitu, terus memacu Industri kecil dan menengah (IKM) agar menerapkan standar produk dan promosi, sehingga mampu bersaing di pasar global," Kata Hartono.

" Ditjen IKM juga, berupaya mengatasi permasalahan tersebut, Melalui Revilatisasi Sentra IKM serta peningkatan akses pasar melalui program pembangunan infrastruktur platform digital IKM (e-SMART IKM), untuk itu, penerapan standar produk, khususnya terhadap pengemasan dan merek, untuk meningkatkan kualitas produk lokal," Terang Hartono.

Dalam menunjang program peningkatan kualitas kemasan/ Packaging dan promosi berbasis internet, hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan daya saing produk IKM di Provinsi Kalimantan Utara, juga diperlukan perencanaan dan pola pelaksanaan program secara optimal.

" Perkembangan Iptek ( Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) memicu pelaku IKM untuk terus berinovasi dan berkreasi, tentu hal ini berimbas pada persaingan, oleh karena itu, diperlukan adanya peningkatan daya saing dikalangan produsen IKM/UKM lokal yang ada diwilayah Kaltara, dan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kaltara, akan terus membantu, sehingga hal tersebut dapat terwujud," Jelas Hartono.

Melihat hal permasalahan ini, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kaltara, akan segera melaksanakan pelatihan perbaikan kemasan produk IKM dan promosi berbasis internet, bagi para pelaku IKM di Kalimantan Utara, tentunya melibatkan Perindagkop dan UKM kabupaten / kota se-kalimantan Utara.

"Sebagai langkah awal, promosi berbasis online, saat ini, Dinas Perindagkop dan UKM Kaltara, sedang membangun Website, dimana didalamnya terdaftar fitur Produk IKM Kaltara, yang berisi katalog produk IKM lengkap dengan daftar harga kontak person produsen, sehingga, kami berharap, dapat meningkatkan pemesanan serta memudahkan pemasaran secara global," Urai Hartono.

Lanjut Hartono, Kedepannya, Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kalimantan Utara, akan merencanakan pembangunan Rumah Kemasan IKM, Diharapkan dapat segera terwujud," ujar pria yang akrab di sapa Tono ini.

Hartono mengawali karier di Inspektorat wilayah Kaltim pada tahun  1985 dan saat ini mengikuti Diklat PIM II LAN RI di Samarinda, tentunya menjadi salah satu faktor penting dalam peningkatan kualitas produk IKM, Promosi produk juga adalah hal yang sangat penting, Dari sanalah penguasaan pasar akan berimbas pada peningkatan pesanan, produksi dan distribusi, yang bermuara pada terbukanya lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Sarana promosi, mampu menjangkau calon konsumen secara global, dan internet adalah solusinya, bisa melalui website, aplikasi online, media sosial dan beberapa alternatif lainnya," Tutup Hartono. (MF/AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM