BI Dukung Program BNPT

Rabu, 18 April 2018 | 22:54

Bagikan:
Photo bersama perwakilan BI saat memberikan sosialisasi program BPNT




KORANDIGITALNET.COM - TARAKAN - Dengan mendukung program gerakan Non Tunai, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) memberikan sosialisasi penyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) terhadap masyarakat Kaltara Kota Tarakan dengan sebanyak 100 peserta Warung Elektronik (E-Warung) bersama Instansi terkait, pada rabu (18/4), di Kantor BI Kaltara yamg terletak di Jalan Mulawarman.

Dalam sosialisasi tersebut, Kepala Kantor BI Kaltara, Hendik Sudaryanto mengatakan, dengan adanya BPNT program Kementrian Sosial (Kemensos) tersebut, pihaknya mendukung penuh program tersebut. Pasalnya, dengan program tersebut bisa mendukung Gerakan Non Tunai.

"Jadi ini kan termasuk program gerakan non tunai juga, apalagi gerakan Non Tunai audah berjalan sejak Agustus 2014 lalu," jelasnya saat ditemui usai sosialisasi, rabu (18/4).

Lanjutnya, dengan program tersebut, pemerintah juga berharap penyaluran bantuan yang diserahkan kepada masyarakat dapat tepat sasaran. "Kita hanya memfasilitasi kegiatan ini dengan harapan dapat mengubah suatu pemikiran masyarakat yang biasanya melakukan transaksi dengan tunai menjadi non tunai," lanjut pria yang biasa disapa Hendik ini.

Selain itu, BPNT sudah berdiri sejak 2017 lalu di lakukan di 5 kota dan 3 kabupaten yang berada di Indonesia. Namun hingga 2018 ini meningkat hingga menjadi 98 kota dan 118 kabupaten, dengan salah satunya kota yakni Provinsi termuda, yaitu Kalimantan Utara (Kaltara) Kota Tarakan.

Kemudian itu juga, Pihaknya bekerjasama dengan Bank penyalur sesuai yang ditunjuk oleh pemerintah misalnya Bank BNI dalam membantu menyalurkan BPNT serta Badan Urusan Logistik (Bulog), Dinas Pertanian Perikanan dan Kelautan (DPPP) Tarakan.

"Kan nanti seperti Bank BNI bisa penyedia Kartu Keluarga Sejahtera Bantuan Pangan Non Tunai (KKS-BPNT), Bulog bisa memastikan akan ketersediaan beras yang akan dinikmati Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BNPT ini, baik beras premium aulun medium dan DPPP ini bisa untuk memastikan menyiapkan stok telur ayam yang sesuai kebutuhan KMP yang ada," ujarnya.

Sememtara itu, Untuk Kota Tarakan Kemensos memberikan kuota sebanyak 5.900 KPM, sedangkan saat ini yang masuk dalam pendataan Kemsos dan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja yang berhak mendapatkan penyaluran BNPT sebanyak 5.206 KPM. (AD/AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM