Antisipasi Perompakan Diperairan Perbatasan, TNI AL Indomalphi Lakukan Latihan Gabungan

Rabu, 04 April 2018 | 16:12

Bagikan:


korandigitalnet.com - TARAKAN - Dengan maraknya perompakan bersenjata di wilayah perbatasan di perairan Sulu yang dilakukan oleh kelompok bersenjata Abu Sayaf. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XIII (Lantamal) Tarakan melakukan latihan gabungan Port Visit Indomalphi (Indonesia, Malaysia dan Philippina).

Komandan Lantamal XIII Tarakan, Laksamana Pertama TNI Sigit Setiyanta Mengatakan, total personil yang diturunkan dalan Port Visit Indomalphi ke tiga negara tersebut, yakni sebanyak 126 personil. 

"Jadi Kita melaksanakan latihan pengamanan daerah perbatasan, khususnya dari para terorisme dan dari ketiga negara ini bisa menjamin pengguna laut secara nyaman," jelasnya.


Selain menurunkan personil, ketiga negara tersebut juga menurunkan kapal perang dan kegiatan yang dilaksanakan yamg dimulai pada rabu (4/4) hingga 6 April, untuk melatih kerjasama antara TNI AL 3 negara tersebut. "Ada 3 kapal, dari Indonesia menurunkan KRI Sidat-851, Dari malaysia KD Baung-3509 dan dari Filipina BRP General Mariano Alvarez," terangnya.

Kemudian itu juga, kegiatan tersebut merupakan hasil dari kerjasama Indomalphi yang telah menghasilkan berbagai kegiatan operasi bersama dalam mengatasi kejahatan diperairan Sulu. 

"Jadi ini keempat kalinya, sebelumnya Peresmian Maritime Command Center (MCC) yang disertai launching Trilateral Maritime Patrol Indomaphi pada 19 Juni 2017 di Tarakan, kemudian dilanjutkan kegiatan Launching Air Patrol (TAP) 12 Oktober 2017 di Subang Malaysia, 13 sampai 15 November 2017 di Filipina dan ini hari (4/4) sampai 6 April 2018 di Tarakan," ujarnya. (AD/AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM