Koperasi Produsen Nelayan Kaltara Tebar 350 Ribu Bibit Kepiting Bakau Di Tarakan

Thursday, March 1, 2018 | 00:17

Bagikan:
RESTOCKING : Saat pelepasan bibit kepiting bakau oleh Koperasi Produsen Nelayan Kaltara dan unsur muspida yamg terkait di Jembatan Bongkok.(28/2).



KORANDIGITALNET.COM - TARAKAN – Koperasi Produsen Nelayan Kaltara telah melepaskan 350 ribu ekor bibit kepiting bakau Jepara Jawa Tengah dikawasan pertambakan di Jalan jembatan bongkok, pada rabu (28/2) tadi pagi sekira pukul 09.00 wita.

Dalam pelepasan bibit kepiting tersebut, dihadiri beberapa dinas terkait yang ada di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Yakni, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kaltara, Amir Bakrie, Kepala Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Tarakan, Wiraprtono Soebagio dan sejumlah petugas aparat keamanan, mulai dari polair dan TNI.

"Jadi kegiatan ini hari merupakan pertama kalinya dilakukan di wilayah Kaltara ini, dan penebaran bibit ini juga agar ada yang berasumsi kepiting yang beredar ini dari hasil alam dengan pembenihan kepiting bertelur dan bisa diperdagangkan tanpa ada batas waktu,"  jelas Penasehat Hukum (PH) dan juga merupakan juru bicara Koperasi Produsen Kaltara, Manggatur Nainggolan, saat ditemui usai penebaran bibit kepiting, rabu (28/2).

Lebih lanjutnya, pihaknya juga berharap dengan adanya pelepasan ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara bisa memberikan dukungan penuh dengan melalui DKP tersebut. "Jadi saat ini kita hanya menunggu verifikasi aja dari Pemprov dan kita sebelumnya sudah mengirimkan dokumen ke sana," lanjutnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap Restocking ini dengan dibawah naugan Koperasi Produsen Nelayan Kaltara, para pengekspor dan petani kepiting tidak lagi dihantui oleh penangkapan para aparat. "Kami berharap usaha ini bukan seperti dianggap kejahatan dan semoga saja cepat di berikan izin," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kaltara, Amir Bakri, Yang mewakili Gubernur Kalimantan Utara, mengatakan, pihaknya sangat mendukung dengan adanya kegiatan Restocking, ini bisa menambah populasi kepiting yang ada di wilayah Kaltara dan apalagi diwilayah Kaltara ini memiliki pohon bakau yang begitu luas dengan 166 ribu hutan bakau. " Kita dukung, Apalagi wilayah kaltara ini merupakan penghasil kepiting terbesar di Indonesia," singkatnya (AD/AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM