Dinas Kelautan Perikanan Kaltara Kembali Gagalkan Penyelundupan Kepiting Telur

Wednesday, March 7, 2018 | 17:48

Bagikan:
KEPITING : Saat Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Kaltara H Amir Bakrie bersama DJPT KKP Yuliadi dan Kepala Karantina Ikan wilayah Sebatik, melepaskan kepiting hasil tangkapan DKP di PPI Sebatik.(7/3)



KORANDIGITALNET.COM - SEBATIK - Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Kalimantan Utara, H Amir Bakri, Pagi tadi sekitar pukul 12.00, Bersama tim melakukan patroli rutin di perairan Pulau Sebatik Kaltara. Rabu (7/3/2018).

Dalam patroli rutin yang dilakukan oleh Dinas Kelautan Perikanan Kaltara tersebut,  yang dipimpin langsung Kadis DKP, H Amir Bakrie, Melihat ada Speedboat mencurigakan, Dengan menggunakan mesin 200 PK 3 unit, yang diduga memuat kepiting telur

Menurutnya, Speedboat tersebut terlihat sarat dengan muatan, sehingga dilakukan pengejaran, " Begitu kami melihat Speedboat yang kami duga memuat kepiting, motoris langsung saya perintahkan untuk melakukan pengejaran, ada sekitar 1 jam kami melakukan pengejaran, namun Speedboat Pengawasan DKP tidak mampu melawan laju dari Speedboat itu, Sehingga kami kehilangan jejak," Kata H Amir.

"Mesin yang digunakan ada 3 unit dengan kekuatan 200 PAK, Sementara speed pengawas perikanan hanya menggunakan mesin 200 PK 2 unit saja, sehingga kami tidak mampu mengamankan speed itu, apa lagi, muatan Speedboat itu dibuang kelaut, untuk menghilangkan barang bukti, Ada sekitar 83 books yang di buangnya," Jelas H Amir.


Lebih lanjut, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Kaltara ini menguraikan, Bahwa, Dari 83 books yang dibuang oleh Speedboat tersebut, karena kami kekurangan personil, hanya ada 2 books saja yang bisa kami selamatkan," Urai H Amir.

Hasil barang bukti kepiting tangkapan oleh DKP Kaltara tersebut, Langsung dibawa ke Pulau Sebatik, untuk dilepaskan kembali kelaut.

" Hasil tangkapan, kami lepaskan kelaut, daerah yang kami pilih adalah,  Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Pulau Sebatik, karena disitu pohon bakaunya sangat banyak, dan itu bisa membantu populasi dari pada kepiting ini, Saya bersama, Sekretaris Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Yuliadi, Kepala Karantina Ikan wilayah Sebatik, melepas barang bukti kepiting telit ini kelaut," Terang H Amir.

Dalam mencegah penyelundupan hasil laut ini, Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Kalimantan Utara, Akan terus meningkatkan patroli, sehingga, Kepiting yang akan dibawah keluar, dapat di cegah, Karena hal tersebut sangat merugikan bagi perikanan Kaltara.

Induk kepiting merupakan komoditas yang sangat dicari oleh penggemar kepiting. Keberadaan induk kepiting bertelur ini sudah dalam kondisi mengkhawatirkan akibat penangkapan liar besar-besaran.( Roy/AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM