Aparatur Diminta Terapkan Nilai Dasar ASN

Selasa, 27 Maret 2018 | 10:06

Bagikan:
APEL PAGI: Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie memimpin apel pagi di Lapangan Agatis, Senin (26/3).


korandigitalnet.com - TANJUNG SELOR  Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Dr H Irianto Lambrie menghimbau agar seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Kaltara menerapkan nilai dasar ASN. 
Hal itu diungkapkannya saat memimpin apel pagi, di Lapangan Agatish, Senin (26/3). Nilai dasar ini tidak hanya diterapkan oleh Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) saja, akan tetapi wajib diterapkan oleh seluruh PNS atau ASN di lingkungan Pemprov Kaltara, ungkap Irianto. 

Nilai dasar tersebut, lanjutnya, sangat penting untuk diterapkan oleh seorang PNS. Terlebih untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Pasalnya, pola manajemen PNS yang baru saat ini sudah jauh berbeda dengan pola di masa lalu. 

“Perbedaan itu tidak hanya tercantum ke dalam undang-undang, tetapi juga dalam berbagai peraturan pemerintah dan turunannya, katanya. 

Nilai dasar ASN antara lain Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi atau yang disingkat dengan ANEKA. Dengan nilai dasar ini juga dapat meningkatkan kompetensi dasar seorang aparatur. Yang mana di zaman ini, tantangan seorang aparatur negara kian berat. Sebab, ia harus bersaing dengan kalangan professional. 
“Jika Peraturan Pemerintah (PP) telah diterbitkan, tentu seorang professional dapat diberikan jabatan structural, dalam instansi pemerintahan,ungkapnya. 

Lebih dari itu, sebagai upaya ASN dalam menghadapi berbagai tantangan dan peluang kedepan harus memiliki jiwa enterpreunership dan juga hospitality yang tidak kalah dengan lembaga swasta.

Lebih lanjut ia menyampaikan jika pengembangan kompetensi bagi ASN merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan secara berkesinambungan. 

Ini dikarenakan tantangan dalam pengelolaan Manajemen SDM ke depan berhadapan dengan Highly Competitive-AFTA-MEA seperti Globalisasi, Competitive Antar-Negara, Teknologi Informasi dan Digitasi, dan High Collabaration.

“Karena itu, mari kita renungi kembali 5 nilai dasar ASN itu agar dapat kita terapkan. Minimal salah satu dari 5 nilai dasar tersebut dapat kita laksanakan sebagai upaya peningkatan kapasitas diri dan kompetensi sebagai seorang pelayan publik, bebernya. (humas/AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM