Waduh !! Napi Lapas Tarakan Kabur, Petugas Bungkam

Friday, February 9, 2018 | 20:44

Bagikan:
Photo : Lembaga Permasyarakatan (Lapas)  Kelas II A Tarakan.


KORANDIGITALNET.COM - TARAKAN – Salah satu warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas)  Kelas II A Tarakan dengan pria yang berinisialkan RN diduga kabur, pada senin (5/2) lalu.

RN yang berstatus narapidana ini, merupakan titipan napi dari Lapas Tanjung Redeb, Berau. "Jadi RN ini sudah mau menyelesaikan hukumannya tinggal 6 bulan lagi," jelas Sumber terpercaya tersebut kepada awak media, jum'at (9/2).

Dengan masa hukumannya tersebut, RN mengajukan Asimilasi untuk membaur ke masyarakat yang berada di luar Lapas tersebut. "Jadi Asimilasinya itu di setujui oleh pihak Lapas Tarakan dan RN izinkan keluar Lapas dan kembali sore hari untuk masuk kedalam Lapas lagi,” tuturnya.

Namun, Asimilasi yang disetujui pihak Lapas untuk pergi keluar Lapas dilanggar oleh RN. Pasalnya, RN tidak kunjung kembali ke dalam Lapas hingga malam hari. Keesokan harinya selasa (6/2) pencarian pun dilakukan terhadap RN. Dalam pencarian tersebut petugas Lapas merasa kesulitan, karena RN bukan warga Tarakan dan hanya titipan dari Lapas Tanjung Redeb, Berau.

"RN ini ada motornya ditaruh disini. Jadi RN keluar mengunakan kendaraannya itu," ujar sumber terpercaya.

Awak media mengetahui kaburnya salah satu narapidana , Para kuli tinta ini pun mencari tahu kebenaran berita ini ke pihak Lapas Kelas II A Tarakan pada kamis (8/2). Namun, usaha mencari kebenaran tersebut sulit. Pasalnya, Kepala Lapas Tarakan, RB. Danang sedang mengikuti diklat di Jakarta sementara pejabat lainnya yang berwenang juga sedang berdinas diluar kota.

Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan dan Pendidikan (Binadik) Lapas Tarakan, Baliono pun saat mintai keterangan melalui Via Telpon , Awak media tidak mendapatkan jawaban, dan hanya mendapatkan pesan singkat. "Maaf, Saya lagi diluar Kota," kata Baliono, melakui Via Whatssapp.

Awak media kembali mendatangi Lapas Tarakan, Jumat pagi (9/2). Namun, jawaban yang sama kembali disampaikan petugas portir yang berjaga dipagar depan Lapas. “Pejabatnya keluar kota semua,” kata petugas tersebut, langsung menutup pintu.

Hingga berita ini diturunkan, Kepala Lapas Tarakan, RB Danang dan Kasi Binadik, Baliono dimintai konfirmasi melalui Telepon tidak mendapatkan jawaban hingga pesan singkat tidak dibalas. (AD/AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM