Hati-Hati !! Sanksi Tegas Bagi OPD dan KPA Bila Ada Temuan BPK

Tuesday, February 6, 2018 | 18:30

Bagikan:
GRUP DISCUSSION : Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie menghadiri acara  fokus Grup Discussion tindak lanjut hasil pemeriksaan  BPK dan permasalahannya se-kalimantan di Hotel Aston Pontianak Kalbar beberapa bulan yang lalu.


KORANDIGITALNET.COM - TANJUNG SELOR - Mulai tanggal 19 Februari 2018 nanti, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dijadwalkan akan melakukan audit pendahuluan terhadap keuangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) tahun anggaran 2017.

Terkait dengan itu, Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie, Mengintruksikan kepada semua kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kepala Biro di lingkup Pemprov Kalimantan Utara agar berada di tempat selama pemeriksaan.

"Saya juga minta kepada Kepala OPD, untuk segera menyiapkan laporan keuangan tahun 2017. Termasuk mempersiapkan dasar-dasar dalam penggunaan anggaran tersebut, seperti Peraturan Gubernur (Pergub), Undang-Undang (UU) dan dokumen administratif pendukung lainnya," Tegas Irianto.

Saat Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie menghadiri penandatanganan komitmen pengendalian gratifikasi Di Kaltara.


Untuk mengkoordinir persiapan tersebut, Irianto minta kepada Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Provisni (Sekprov) Syaiful Herman untuk mengkoordinasikan secara intensif kepada kepala OPD guna dipersiapkan dokumen yang diperlukan.

"Saya meminta agar kepala OPD selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), beserta PPK, PPTK dan bendahara harus kooperatif dengan tim dari BPK selama pemeriksaan berlangsung, Kemudian kepada Inspektorat Provinsi, saya harapkan  untuk melakukan pendampingan selama pemeriksaan berlangsung," Tutur Gubernur Kaltara ini.

Lebih lanjut Irianto menguraikan, Bahwa, Pemeriksaan tersebut akan menjadi standar bagi kepala OPD selaku KPA, apakah sudah bekerja sesuai dengan aturan yang ada. Tentu jika terdapat temuan yang tidak bisa ditolerir, akan sanksi tegas menanti, baik administrasi maupun sanksi tegas," Urainya. (Babe/AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM