Curi Dompet Dan Kuras Isi ATM, Warga Beringin Ditangkap Polisi

Thursday, February 8, 2018 | 23:21

Bagikan:
BOBOL ATM : Kedua tersangka AR dan RA saat diamankan di Mapolres Tarakan.(8/2).


KORANDIGITALNET.COM - TARAKAN - Tindakan kriminal terus terjadi di wilayah hukum Polres Tarakan. Kali ini Polres Berhasil mengamankan RA dan AR usai melakukan pencurian sebuah dompet didalam Jok sepeda motor yang terparkir dipinggir Jalan Mulawarman tepatnya depan Bandara Juwata, pada minggu (4/2), sekitar pukul 18.30 wita. 

Kapolres Tarakan AKBP Dearystone Supit, melalui Paur Subbag Humas Polres Tarakan Ipda Taharman mengatakan, awal pencurian yang dilakukan kedua tersangka tersebut yang saat itu sedang nongkrong di depan bandara dan melakukan pemantauan terhadap orang joging. 

"Jadi saat pengendara itu parkir motor dan masuk ke halaman 99 itu, kedua tersangka langsung melancarkan aksinya dengan RA melakukan pemantauan dan AR yang mengeksekusi mencuri dompet didalam jok motor itu," jelasnya, kamis (8/2).

Usai melakukan pencurian, Keduanya melakukan pemeriksaan terhadap isi dompet yang mereka ambil. Namun, saat tersangka memeriksa dompet tersebut, hanya terdapat uang sebesar Rp 20 ribu, ATM Mandiri serta KTP. 

"Karena isi Dompet itu hanya Rp 20 ribu, AR mengasih dompet itu ke RA dan mereka langsung pulang kerumahnya yang terletak di jalan Beringin RT 3 Kelurahan Selumit Pantai," ujarnya. 

Barang bukti yang berhasil diamankan oleh Unit Jatanras Polres Tarakan.


Lebih lanjut Taharman menguraikan, Setelah kedua tersangka pulang kerumahnya, tiba-tiba tersangka berinisialkan RA memiliki rencana terhadap ATM yang terdapat didalam dompet tersebut. "Jadi tersangka itu berpikir untuk ke ATM Mandiri untuk mencoba memasukan ATM itu dengan mengunakan Password tanggal lahir yang terdapat di KTP itu," tuturnya. 

Setelah dilakukan pengecekan terhadap ATM tersebut, RA melihat isi saldo ATM terdapat saldo sebesar Rp 35 juta dan RA langsung meneransferkan uang tersebut ke rekan RA. 
"Langsung di transfernya uang itu ke rekening temannya pada malam hari sekitar pukul 20.00 wita," beber Taharman.

Mengetahui dirinya kehilangan dompet, korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polres Tarakan. dan pihak Unit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Polres Tarakan langsung melakukan penyelidikan terhadap kasus yang terjadi pada rabu siang (7/2), sekitar pukul 13.00 wita.

Tersangka RA berhasil diamankan pihak Jatanras Polres Tarakan. "Jadi RA itu ditangkap hasil dari pengembangan sabu 1 kg yang ditemukan di Jok motor kemarin, yang dimana AR rekan RA diamankan terlebih dahulu dengan kasus sabu, setelah dilidik ternyata pernah melakukan pencurian bersama RA," kata pria yang biasa disapa Tahe. 

Sementara itu, RA rekan AR ditangkap dirumahnya yang terletak di Jalan Beringin, RT 3, Kelurahan Selumit, Keduanya dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara. "Saat ini kedua tersangka sudah kita amankan di Rutan Polres Tarakan," tutupnya. (AD/AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM