BPK Mulai Melakukan Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Se-kalimantan Utara

Friday, February 16, 2018 | 10:25

Bagikan:
Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara.


KORANDIGITALNET.COM - TARAKAN - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara mulai melakukan kegiatan Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. 

Awal kegiatan tersebut ditandai melalui 
kegiatan entry meeting Pemeriksaan Interim atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2017 (LKPD TA 2017), pada Kamis 15 Februari 2018. 

Hadir pada acara yang berlangsung di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara tersebut antara lain Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Utara, Gubernur Kalimantan Utara yang diwakili Plh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Utara, Plt Walikota Tarakan, Bupati Bulungan yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bulungan, Bupati Malinau, Bupati Nunukan yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan, Bupati Tana Tidung, para 
Sekretaris Daerah dan Inspektur serta Kepala BPKAD se-Kalimantan Utara, para pejabat di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara serta para Ketua Tim Pemeriksa.

Entry meeting dilakukan sehubungan dengan tugas konstitusional BPK RI dalam melakukan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara/daerah. 

Pemeriksaan Interim atas LKPD TA 2017 
sendiri dilaksanakan mengingat pemeriksaan laporan keuangan merupakan pemeriksaan yang bersifat mandatory untuk dilaksanakan setiap tahun. Oleh karena itu, Pemeriksaan Interim dipandang perlu sebagai bagian dari strategi pemeriksaan untuk memberikan kesimpulan atas efektifitas Sistem Pengendalian Internal (SPI) dan menilai kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta memperoleh data dan informasi untuk pengembangan pelaksanaan pemeriksaan LKPD TA 2017. 

Pada acara tersebut Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Utara menyerahkan Surat Tugas Pemeriksaan kepada masing-masing Kepala Daerah sebagai tanda dimulainya tugas pemeriksaan oleh enam tim yang diperkuat oleh 30 (tiga puluh) orang pemeriksa tersebut. 

BPK mengharapkan kerjasama dari Pemerintah Daerah dalam penyediaan data dan informasi sehingga pemeriksaan dapat berjalan dengan efektif dan lancar.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Utara dalam sambutannya menyampaikan tujuan, sasaran, dan ruang lingkup pemeriksaan yang akan dilaksanakan selama 30 hari. Pemeriksaan Interim atas LKPD TA 2017 bertujuan diantaranya untuk mendukung perencanaan pemeriksaan terinci LKPD TA 2017. 

Bentuk dukungan tersebut meliputi pemutakhiran pemahaman entitas, SPI dan penilaian risiko sebagai dasar dalam penetapan perencanaan materialitas (planning materiality) serta merancang strategi dan cakupan pemeriksaan pada pemeriksaan terinci nantinya.

(SUB BAGIAN HUMAS DAN TATA USAHA KEPALA PERWAKILAN / AS )
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM