Taman Tepian Sungai Kayan Menjadi Ikon Kota Tanjung Selor

Monday, January 8, 2018 | 16:53

Bagikan:
Dok. Taman terbuka hijau bagi masyarakat Tanjung Selor ditepian Sungai Kayan. 


KORANDIGITALNET.COM - TANJUNG SELOR - Atas usulan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara kepada pemerintah pusat untuk mengalokasikan anggaran untuk pembangunan ruang terbuka hijau, Telah terealisasi, Setelah sebelumnya pembangunan Taman Berlabuh Lingkas Ujung Kota Tarakan, Kini proses pembangunan taman di Tanjung Selor terus berlanjut, Taman ini juga menjadi ikon kota provinsi Kaltara ini.

Pembangunan taman ditepian Sungai Kayan, Tepatnya di Jl Sabanar Lama ( samping pelabuhan Kayan II ) ini sekaligus menambah ruang terbuka hijau, seiring dengan kian pesatnya pembangunan di Kota Tanjung Selor, Yang ditandai makin banyaknya gedung-gedung perkantoran milik pemerintah, swasta dan masyarakat.

Sebagai diketahui, Undang-Undang (UU) Nomor 26 Tahun 2017, Tentang Penataan Ruang mensyaratkan ruang terbuka hijau pada wilayah kota paling sedikit 30 persen dari luas wilayah kota.

Taman ditepian Sungai Kayan, Yang menjadi salah satu ruang terbuka hijau itu, diperkirakan sudah bisa dinikmati masyarakat pada pertengahan tahun ini.

Jaraknya yang dekat dengan Dermaga Kayan ISI yang notabene sebagai pintu gerbang Tanjung Selor dijalur perairan, Membuat taman ini bisa menjadi taman penyambut bagi siapapun yang pertama kalinya menginjakkan kaki di Ibukota Provinsi Kalimantan Utara.

Pembangunan taman ini menggunakan APBN senilai kurang lebih Rp 14,6 miliar, Dibangun sepanjang 650 meter membentang di tepi aliran Sungai Kayan, Menurut laporan di lapangan, progres pembangunan taman sudah lebih dari 60 persen.

Selain untuk memenuhi UU tentang tata ruang, juga sebagai bentuk komitmen dan gagasan Pemerintah daerah dalam upaya menyediakan ruang terbuka publik bagi masyarakat.

Selain mempercantik kota ,Juga memberikan ruang bagi masyarakat untuk berkumpul, keberadaan taman ini juga bisa menjadi objek wisata bagi warga Kaltara, khususnya masyarakat Kaltara. ( Babe / AS )
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM