Pilkada 2018, Kodim Tarakan Berikan Pengawasan Ketat

Saturday, January 27, 2018 | 10:09

Bagikan:
Komandan Kodim 0907 Tarakan Letkol Inf Hipni Maulana Farhan.


KORANDIGITALNET.COM - TARAKAN – Dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan Juni 2018 pihak Komandan Kodim Letkol Inf Hipni Maulana Farhan, pihaknya akan melakukan pengawasan, baik internal maupun eksternal. 

"Jadi kita akan awasi juga semua prajurit kita harus netral, karena itu sudah perintah dari Danrem, Pangdam hingga Panglima TNI," jelasnya, sabtu (27/1). 

Menurutnya, Pilkada yang tidak hanya di Tarakan, tetapi digelar serentak di beberapa wilayah di Indonesia ini, membuat TNI harus bersiap dan bersikap netral. “ "Jadi itu semua termasuk ibu-ibunya, kan punya hak pilih. Tapi, kita tidak mau mencampuri, mau memilih siapa sesuai dengan hati nurani masing-masing,” ujarnya. 

Soal ini, sambungnya sudah disampaikan disetiap kegiatan apel maupun kunjungan ke Koramil-koramil dibawah Kodim 0907 Tarakan. Diakuinya, pengawasan cukup mudah karena di Kaltara, hanya Tarakan yang menggelar Pilkada tahun ini. 

“Bila kedapatan kita akan berikan sanksi yakni dengan saksi administrasi," tuturnya. 

Sementara, ia menambahkan akan tetap mengikuti perintah satuan atas dengan mengikuti tahapan Pilkada yang ada dan melakukan monitoring. Namun, ia mengaku belum mendapatkan informasi kerawanan di suatu daerah yang akan dilakukan oleh oknum tertentu. 

“Tidak ada informasi Pilkada ini akan dibawa kearah yang ramai, dalam arti ramai itu rusuh, kata Hipni

Kita ikuti saja tahapan Pilkada ini di Tarakan dan semua siap membantu Polri untuk mengamankan. Saya juga sudah mempersiapkan anggota untuk membantu melakukan pengamanan mulai sampai pada perhitungan suara dan penetapan pasangan terpilih nanti,” tandasnya. 

Selain itu, untuk meningkatkan pengawasan terjadinya kejadian yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan Pilkada nanti, ia juga sudah memerintahkan babinsa untuk lebih melakukan pendekatan. Salah satunya, memberikan imbauan agar tetap ikut serta sebagai pemilih. 

“Iya kita kerjasama lah menjaga keamanan, ketertiban baik itu paslon maupun masyarakat lainnya," tuturnya. 

Jangan nanti sudah ada yang terpilih baru menyesal. Kita juga meminta agar masyarakat juga bekerja sama menjaga keamanan dan ketertiban di tahapan Pilkada ini hingga selesai. 

Tapi, kita sudah sampaikan ke masyarakat bantu pemerintah untuk memberikan hak pilih dengan baik,” kata perwira berpangkat melati tiga ini. Selain itu juga, Ia juga memberikan apresiasinya pada keempat paslon yang bisa mengendalikan massa pendukungnya pada saat pendaftaran calon beberapa waktu lalu. Diakuinya, saat itu memang sempat terjadi pergesekan namun langsung dilakukan antisipasi dengan cepat. 

Disinggung soal bascamp relawan masing-masing calon yang berdekatan, Dandim menuturkan selama dalam perjalanan Pilkada ini tetap aman dan tidak terjadi gesekan, menurutnya tidak masalah. namun, ia tetap meningkatkan kewaspadaan jika nantinya ada daerah tertentu yang menjadi rawan. “Jadi kita cukup memantau aja," tutupnya. (ADAS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM