Pelabuhan Tengkayu I Tarakan Dihantam Ponton Ribuan Ton

Monday, January 15, 2018 | 12:36

Bagikan:
Dok. Saat sebuah Ponton menabrak bagian dermaga Pelabuhan Tengkayu I Kota Tarakan, Senin (15/01).


KORANDIGITALNET.COM - TARAKAN - Akibat angin kencang dan arus deras disertai gelombang, Sebuah ponton pengangkut batu bara, Hanyut dan menghantam bagian dermaga Pelabuhan Tengkayu I Kota Tarakan, Ponton yang bernama TB. KSA .GT 153 / BG. INTAN 7504. GT. 3141N, Nakhoda Ahmad Andreansyah ini, adalah milik PT Kartika Samudera Adiya Samarinda, Senin (15/01/2018).

Ponton ribuan ton ini, Sebelumnya berjangkar diluar jauh dari Pelabuhan SDF Tarakan, namun karena tidak mampu melawan kencangnya arus dan gelombang, ponton yang tidak bermuatan tersebut menghantam sebagian dari pada pelabuhan Speedboat dan bongkar muat ini.

Menurut Ciwan Salah satu agen pelayaran Speedboat, menjelaskan kepada korandigitalnet, bahwa, Sekitar pukul 7.25, Penumpang yang akan berangkat keberbagai daerah di Kaltara, Dikejutkan dengan kemunculan ponton batu bara dari arah luar dermaga, ponton tersebut hanyut dan menabrak bagian ujung pelabuhan Tengkayu I, Sebagian calon penumpang, panik dan berlarian menyelamatkan diri, guna menjauh dari ujung dermaga tempat keberangkatan dan kedatangan Speedboat reguler," Kata Ciwan.


  • Kejadian yang tidak diduga oleh sebagian orang yang berada di dermaga Tengkayu I ini, Karena pada saat kejadian, Gelombang besar disertai hujan deras, yang mengakibatkan, Ponton PT. Samudera Adiya Samarinda  ini, yang semula berjangkar, hanyut akibat tak tahan dengan hantaman ombak.

Ciwan juga menjelaskan, Kalau awalnya Ponton ini, mengarah ke rumah warga, namun Talbot berusaha menariknya sehingga terhindar dari rumah yang ada dipinggir laut, tapi kapal Talbot tak mampu mengendalikan ponton ribuan ton tersebut, hingga akhirnya, menabrak bagian dermaga Pelabuhan Tengkayu I," Jelas Ciwan.

Beruntung dalam peristiwa hanyutnya Ponton ribuan ton tersebut, tidak mengakibatkan korban jiwa, Namun sempat membuat panik para penumpang dan buruh yang ada di Pelabuhan Tengkayu I, sampai saat ini, Penanggung jawab atau pemilik Ponton batu bara PT. Samudera Adiya Samarinda, sudah menjelaskan akan bertanggung jawab atas kerusakan yang ditimbulkan akibat dari Ponton miliknya,  Namun pihak KSKP , otoritas pelabuhan dan pihak terkait tetap menindaklanjuti kejadian, yang merusak sebagian atap dermaga ini. ( AS )
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM