Jelang Pilkada, Polres Tarakan Lakukan Latihan

Wednesday, January 3, 2018 | 20:03

Bagikan:
Dok. Saat personil Polres Tarakan mengelar latihan persiapan pengamanan menjelang pilkada serentak di kota Tarakan dihalaman Masjid Baitul Izzah.(03/01).


KORANDIGITALNET.COM - TARAKAN – Jelang tahapan pendaftaran calon walikota Tarakan yang akan diselenggarakan 8 Januari mendatang. Tim keamanan yang terdiri dari Polres Tarakan dan Brimob Detasemen C Pelopor Polda Kaltim mulai melakukan persiapan dengan Latihan.(03/01/2018).

Terkait hal itu, Wakapolres Tarakan Kompol Rizki Fara Sandhy mengatakan, pihaknya melakukan rangkaian latihan kegiatan keamanan di halaman parkir Masjid Baitul Izzah untuk gelar pasukan yang akan dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia, pada 5 Januari nanti. Yang memasuki tahapan Pimilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang sudah mulai dengan pendaftaran calon.Jadi kita sudah memiliki kesiapan dengan latihan ini untuk memberikan keamanan nantinya,” jelasnya, rabu (3/1).

Dalam kegiatan latihan ini juga, pihaknya hanya melibatkan melibatkan Brimob Detasemen C Pelopor Polda Kaltim. “Jadi dari TNI kita belum libatkan dulu. Karena ini kan ada peragaan,” tutur Rizki.

Lebih lanjut Rizki menjelaskan bahwa, Dengan latihan ini juga, nantinya akan menjadi dasar pengamanan semua tahapan Pilkada. “Jadi ini ada rangaiannya mulai dari pendaftaran calon, hingga kampanye nantinya,” terangnya.

Selain itu juga, Wakapolres Tarakan ini enggan menyebutkan berapa personel yang akan diturunkan dalam latihan ini. Pasalnya dalam latihan ini juga tidak semua pengamanan dalam tahapan Pilkada masuk dalam peragaan.“Jadi kita hanya beberapa rangkaian aja dan tahapan saja untuk peragaan. Hanya saja latihan secara parsial semua sudah,” beber Rezki

Meski Tarakan pernah menjadi daerah yang konflik, Wakapolres mengaku tidak ada atensi khusus dari Mabes Polri terkait kemungkinan kerawanan Pilkada di Tarakan. Menurutnya, tidak ada titik rawan, tetapi melihat semua kerawanan dengan dinamis.

Rizki menambahkan kalau yang kedepankan itu pencegahan dengan meningkatkan  fungsi Babinkamtibnas dengan Patroli dan mensosialisasikan kemasyarakat. Karena kalau tidak dilakukannya itu seperti pencegahan, pastinya akan ada kerawanan. Maka dari itu kita cegah,” tutupnya.

Sementara itu, terkait Bantuan Keamanan Operasional (BKO) dri luar, Wakapolres mengatakan, ada tahapan dan teknis tersendiri sebelum melakukan BKO tersebut. “Kan nanti jika pengamanan dari Polres dan Brimob tidak mampu baru kita minta bantuan dan TNI juga pasti sudah mempersiapkan diri dalam pengamanan Pilkada ini,” tutupnya. (Ad/As)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM