Desain Kapal Akan Menjadi Perhatian Khusus KSOP Tarakan

Tuesday, January 9, 2018 | 12:11

Bagikan:
Dok. Saat kampanye keselamatan penumpang dengan menempelkan stiker panduan tata cara penggunaan life jaket pada kapal reguler.(9/01)


KORANDIGITALNET.COM - TARAKAN - Guna meningkatkan pemahaman terhadap keselamatan dan kenyamanan penumpang Speedboat, KSOP Tarakan tak henti-hentinya melakukan pengawasan keselamatan dan keamanan penumpang, agar tingkat kecelakaan dapat diminimalisir.

Pagi tadi, Dilakukan kampanye keselamatan pelayaran oleh pihak KSOP Tarakan, bentuk kampanye tersebut adalah, dengan menempelkan stiker panduan tata cara penggunaan life jaket, hal ini dilakukan, guna menciptakan keselamatan penumpang.

Menurut Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Tarakan, Letkol Marinir Abd Rahman melalui Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli Syaharuddin mengatakan, " Secara perlahan kami sudah mengambil langkah pendekatan secara persuasif kepada pemilik kapal dan agen untuk segera melakukan langkah-langkah perubahan dan evaluasi dari hal-hal yang terjadi, Sehingga kejadian yang merugikan pengguna transportasi dan pemilik kapal tidak terulang kembali," Kata Syahruddin.

Lebih lanjut Syahruddin menguraikan," Saat ini KSOP Tarakan, Terus melakukan kampanye keselamatan dan kenyamanan penumpang Speedboat ini, nah, untuk itu, kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat pengguna transportasi laut, pemilik kapal, agen dan nahkoda untuk sadar akan keselamatan dalam berlayar, termasuk pemahaman dalam soal tata cara pemakaian life jaket ini," urainya.

"Yang terakhir saya berpesan, " Mari kita ciptakan rasa aman dan kenyamanan, serta selamat dalam bertransportasi, khususnya transportasi laut, Hendaklah para nahkoda untuk tidak mengangkut penumpang diluar kapasitas angkut, penumpang juga jangan membawa barang bawaan terlalu berlebihan, Bagi nahkoda, Agar berhati-hati ketika membawa kapal, Karena keselamatan penumpang merupakan tanggung jawab si nakhoda," pesan Syahruddin.

KSOP sebagai pengawas dalam pemberangkatan kapal penumpang, tentunya selalu memberikan arahan kepada pihak agen terlebih kepada pemilik kapal, untuk selalu memberikan pelayanan, baik kenyamanan maupun keselamatan penumpang, Kedepan KSOP mesti bergerak cepat mengambil langkah dalam hal keselamatan penumpang, Terutama soal desain kapal penumpang yang mesti diperhatikan,  Seperti kapal reguler mesti baik dan kompartemen, jadi apabila mengalami kebocoran, kapal tidak langsung tenggelam akibat benturan kayu atau benda keras lainnya, Dan juga tidak mudah terbalik, jadi diperlukan kill yang membentuk pola untuk menahan jika kapal akan terbalik. (AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM