Berusaha Kabur, Akhirnya Spesialis Curat Di Hadiahi Timah Panas Oleh Polisi

Monday, January 8, 2018 | 20:29

Bagikan:
Dok. Dua pelaku Curat di apit oleh anggota Unit Jatanras Polres Tarakan.


KORANDIGITALNET.COM - TARAKAN – Tak henti-hentinya tindakan kriminal terjadi di Kota Tarakan. Kali ini Unit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Polres Tarakan kembali melakukan penangkapan terhadap pelaku kasus pencurian dengan pemberatan (curat), dengan pria berinisialkan AN pada minggu (7/1) sekira pukul 16.30 wita.

Dalam kasus Curat tersebut, tersangka berinisialkan AN tersebut memasuki rumah seorang warga di Kelurahan Karang Rejo dengan cara mencongkel jendela rumah tersebut. 

Pengungkapan kasus curat ini berawal dari  penarikan Rp 4 juta yang dilakukan AN, salah satu pelaku menggunakan internet banking, dari rekening korban, Eka,” jelas Kapolres 

Tarakan AKBP Dearystone Supit melalui perwira urusan Subbag Humas Ipda Deny Mardiyanto.
Lanjut Denny, Unit Jatanras pun akhirnya menelusuri penarikan yang dilakukan AN ini setelah dilaporkan oleh Eka, hingga akhirnya diketahui keberadaan AN di salah satu rumah di Jalan Karang Rejo, sekira pukul 16.30 wita, Minggu (7/1) kemarin.

“Setelah Unit Jatanras berhasil mengamankan AN, kepada polisi AN mengaku, laptop yang digunakannya merupakan hasil pencurian yang dilakukan WZ. Setelah itu, baru WZ kita tangkap di salah satu areal hotel yang ada di Jalan Kesuma Bangsa di hari yang sama kita tangkap AN,” lanjutnya.

Selain itu, WZ mengaku pencurian tersebut dirinya lakukan di rumah Eka di Jalan Selamet Riyadi RT 63, Kelurahan Karang Anyar dengan merusak jendela rumah Eka dan mengambil 2 buah Laptop, sepasang anting-anting serta mengambil Handphone milik Eka.

“Jadi, pada 22 Desember lalu. Saat AN beraksi sekira pukul 20.30 wita, korban atau Eka tidak berada dirumahnya,” tuturnya

Unit Jatanras akhirnya melakukan penyelidikan kembali untuk mengembangkan pengakuan WZ ini. Kepada polisi, WZ pun mengaku mencuri dirumah Eka bersama rekannya yang lain berinisial MJ. Saat WZ ditangkap, MJ ternyata tengah berada di Tanjung Selor dan dipancing untuk bisa ke Tarakan.

Jadi kita suruh MZ itu untuk menghubungi MJ untuk memancing MJ datang ke Tarakan dan langsung kita tangkap di Pelabuhan sekitar 10.30 tadi siang (8/1),” ujar Ipda Denny.

Kemudian, setelah ditangkapnya MJ, dia pun langsung digiring untuk menunjukkan dimana saja barang buktinya, termasuk motor yang digunakan untuk melakukan pencurian di Jalan Flamboyan, Kelurahan Karang Anyar, rumah salah satu temannya. Saat diminta menunjukkan barang bukti ini, MJ malah melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri hingga dihadiahi timah panas.“Kita lakukan tindakan tegas dengan menembak di kaki kanannya,” tegasnya.

Meski AN dalam kasus curat ini hanya turut serta, namun sebenarnya AN pun terlibat kasus pencurian sepeda motor bersama WZ yang dilakukannya pada 23 Desember 2017 lalu.

AN itu dilaporkan mencuri motor merk Vega R milik korban yang digunakan anaknya untuk belajar kelompok yang diparkir tepat didepan toko Parfum Karang Anyar dan langsung membawa lari motor korban,” Kata Denny.

Setelah dilakukan pencurian itu, AN menitipkan sepeda motor curian tersebut di rumah Kosong yang terletak di Jalan Selamet Riyadi. “Jadi motor itu sempat dijual dan ditawarkan keteman AN dengan harga Rp 700 ribu dan motor itu akhirnya kita temukan masih utuh.  

Sebenarnya, dari penarikan uang yang dilakukan AN ini kami kembangkan dan hasilnya klop dengan kasus curanmor juga. Makanya, dalam penyidikan ini untuk kasusnya kami pisah dua perkara, curanmor dan pencurian dengan pemberatan karena WZ dan MJ mencuri dengan cara mecongkel jendela,” jelas Ipda Deny.

Akibat ulah yang dilakukan ketiga tersangka tersebut, untuk WZ dan MJ dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana 7 tahun penjara, Tentang Curat. Sementara, curanmor yang dilakuan AN bersama WZ dikenakan pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman pidana 5 tahun penjara.

Jadi saat ini ketiga tersangka sudah kita amankan di Rutan Polres Tarakan,” tutupnya. (AD/AS)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM