Batas Ekspor Kepiting Bertelur Hingga Tanggal 15 Februari 2018.

Sunday, January 14, 2018 | 15:38

Bagikan:
Dok. Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara H Badrun mengunjungi pembelian kepiting beberapa waktu lalu.


KORANDIGITALNET.COM – TARAKAN - Berpedoman pada Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen-KP) Nomor 56 Tahun 2016, Melalui Dinas Kelautan Perikanan (DKP), Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie,  mengingatkan kepada para pengusaha kepiting bahwa batas diperbolehkannya ekspor kepiting bertelur hingga tanggal 15 Februari 2018. (14/01/2017).

Seperti diketahui, berdasarkan Keputusan Menteri KP RI, pengusaha kepiting diperbolehkan ekspor kepiting bertelur, dengan batas mulai dari 5 Desember 2017 hingga 15 Februari 2018, Kemen-KP menetapkan ekspor kepiting minimal seberat 350 gram. Sementara di aturan baru itu, diubah menjadi 200 gram.

“Untuk itu, kami mengimbau kepada seluruh pembudidaya kepiting untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya, Dengan catatan, tetap harus memenuhi regulasi yang sudah ditetapkan. Jangan melampaui aturan,”Kata Irianto.

Lebih lanjut, Gubernur Kaltara ini mengatakan, Sebelum diekspor, kepiting harus melalui pemeriksaan di Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan Kelas II Tarakan, Diharapkan dengan aturan ini, akan meningkatkan nilai ekspor perikanan khususnya kepiting dari Kalimantan Utara, Ini juga akan membantu meningkatkan kesejahteraan para pembudidaya kepiting,” Kata Irianto.

Data di Dinas Perikanan dan Kelautan, sampai 31 Desember 2017, dengan kebijakan baru itu, penjualan kepiting bertelur mencapai 151.563 ekor atau setara 50.521 kilogram, Dengan harga jual, berkisar antara Rp 100 ribu hingga 200 ribu per kilogram.

“Potensi kepiting di Kaltara cukup besar, dan sangat diminati pembeli, karena pola pengelolaannya yang konvensial dan ramah lingkungan, Ini juga penyebab keberadaan kepiting di Kaltara sangat eksis dan mampu bersaing di pasar internasional,” Tutur Irianto. (Babe/AS)



Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM